Find Us On Social Media :

9 Tahun Sendirian Banting Tulang Hidupi Lima Anaknya dan Tetap Setia Tunggu Suami yang Dipenjara, Istri Johny Indo Ungkap Kehidupan Suramnya saat 'Sang Robin Hood' Berada di Nusakambangan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 1 November 2019 | 16:45 WIB

Intisari-Online.com – Kalau ada wanita yang paling bahagia saat-saat ini, Stela Thia lah orangnya. Bebasnya sang suami, Johny Indo, membuatnya terbang ke langit ke tujuh.

Meski mulanya ia ragu, "Mimpikah saya? Benarkah Johny bebas 100 persen?"

Sembilan tahun Johny dipenjara. Selama itu pula Stela banting tulang: jadi bar tender, dagang baju juga tukang gunting rambut.

Di samping bolak-balik ke Menkeh Ismail Saleh, menanyakan status suami tercinta.

Baca Juga: Kedai Kopi Johny Ini Jadi Langganan Hotman Paris Hingga Ketua MPR. Apa Istimewanya?

Kisah bebasnya Johny Indo yang  disambut bahagia oleh keluarga ini pernah dimuat di Tabloid NOVA  dengan judul tulisan asli Setelah Johny Bebas Rasanya Seperti Mimpi, yang dimuat di edisi Maret 1988.

Ibarat murid sekolah, kalau rapornya "kebakaran", berarti tak naik kelas. Tapi kalau merahnya satu dua, pasti bisa pindah ke kelas berikutnya.

Itulah Johny Indo (39) yang akhir Februari 1988 bebas bersyarat setelah 8 tahun 11 bulan mendekam di LP Nusakambangan, ditambah sebulan di LP Tangerang.

Baca Juga: Kisah Pohon Asam, Tempat Johny 'Berlatih' Memanjat yang Dulu Jadi 'Penyelamat' Warga yang Kelaparan

"Rasahya seperti mimpi. Ya, mimpi," kata Stela dengan mata berbinar.

Rasa bahagia terpancar jelas di wajah wanita bertubuh kecil yang telah mendampingi Johny selama 23 tahun.

Kegembiraan ibu lima anak dan nenek dua cucu ini memang tak bisa disembunyikan, meski ia berusaha tampil setenang mungkin.

Dan hari-hari setelah Johny bebas, jadi hari-hari manis mereka berdua.