Find Us On Social Media :

Dirintis Sejak SMA, Kini Usaha Gula Semut Milik Anwar Beromzet Ratusan Juta per Bulan dan Dijual ke Mancanegara

By Mentari DP, Senin, 14 Oktober 2019 | 12:00 WIB

Usaha gula semut milik Anwar.

Intisari-Online.com – Perkenalkan namanya Anwar. Usianya 55 tahun.

Dia tinggal di desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten.

Dilansir dari kompas.com pada Minggu (14/10/2019), karena desa Hariang dikenal sebagai penghasil gula semut, Anwar pun menggeluti usaha tersebut sejak di bangku SMA.

Anwar mengisahkan, dulu saat masih sekolah, dia kerap berjualan gula merah yang masih berbentuk cetakan untuk menambah uang jajan.

Baca Juga: Hebat! Pelari Wanita Ini Berhasil Kalahkan Salah Satu Rekor Usain Bolt Hanya 10 Bulan Setelah Melahirkan

Sebagai orang kampung, hidup Anwar tidak berkecukupan. Bapaknya hanyalah seorang pensiunan tentara yang memiliki banyak anak.

Gula yang tidak laku dijual kerap meleleh, hingga dia memutar otak untuk mengakali gula yang sudah tidak berbentuk agar masih bisa dijual.

Pria tiga anak ini pernah mencoba berbagai cara untuk membuat gula tetap awet, hingga ditemukan formula dengan membuat gula lebih halus.

"Saat dihaluskan gula lebih kering, jadi akan awet karena kadar air kurang," kata Anwar saat berbincang dengan Kompas.com di Desa Hariang, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (13/10/2019).

Baca Juga: Jabatan Kolonel Hendi Dicopot karena Unggahan Istrinya di Media Sosial, Bisakah PNS Dipecat karena Unggah soal Ujaran Kebencian di Media Sosial?