Find Us On Social Media :

Fenomena Topi Awan Terjadi Serentak di 4 Gunung, BMKG Peringatkan Pesawat Bisa 'Terjun Bebas' Jika Melintas di Dekatnya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 8 Oktober 2019 | 17:30 WIB

Foto empat gunung, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Arjuno.

Intisari-Online.com - Sejumlah warganet diketahui telah mengunggah foto yang menampilkan fenomena gunung bertopi awan yang nampak di dekat daerah mereka baru-baru ini.

Salah satunya seperti unggahan dari akun Twitter Merapi News (@merapi_news).

Akun itu mengunggah empat foto gunung bertopi awan, yakni Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Arjuno, dan Gunung Merbabu.

Sebelumnya, sekumpulan awan yang membentuk topi juga terjadi di puncak Gunung Lawu pada Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Dari Albothyl Hingga Ranitidin, Ini Daftar Obat yang Ditarik BPOM

Awan yang muncul sekitar pukul 05.22 WIB dan menjadi perbincangan di media sosial.

"Tidak hanya Gunung Lawu, tapi Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Arjuno juga diselimuti awan lenticular di puncaknya tadi pagi," tulis akun Merapi News dalam twitnya.

Menanggapi keseragaman fenomena awan topi yang terbentuk di waktu yang sama ini, astronot amatir Marufin Sudibyo menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi karena gunung menghadapi terpaan angin lokal.

"Awan ini disebut awan lentikular. Mereka terbentuk bersamaan karena pada saat yang sama, gunung-gunung itu menghadapi terpaan angin lokal pada situasi udara yang relatif lembab dan bersuhu lebih dingin," ujar Marufin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/10/2019).

Baca Juga: Larang Orang Lain Pakai Topi Macan Tutul, Ini Kegilaan Pemimpin Terkorup Kongo yang 'Tilep' Rp212 Triliun Uang Negara