Find Us On Social Media :

Sering Alami Gusi Berdarah Ketika Sikat Gigi? Hati-hati, Bisa Jadi Itu Gejala Leukemia, Diabetes, dan Deretan Penyakit Ini

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 September 2019 | 14:00 WIB

Gusi berdarah setiap kali menyikat gigi, bisa jadi gejala penyakit ini.

Intisari-Online.com – Coba perhatikan ketika Anda menyikat gigi, pagi atau malam, apakah sikat gigi Anda ada darahnya?

Bisa jadi, yang Anda alami adalah gusi berdarah. Ini memang sering kali terjadi, dan sering kali pula kita anggap sepele.

Gusi yang berdarah ketika menyikat gigi bisa terjadi saat kita menggosok gigi terlalu keras, atau karena bulu sikat gigi yang tidak cukup lembut.

Ini tentu saja dapat melukai gusi, sebab gusi terbuat dari jaringan halus dan lunak, sehingga rentan terluka jika terkena gesekan yang terlalu kuat.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi, Itu Tanda Masalah Serius

Tak hanya itu, gusi berdarah juga biasanya disebabkan oleh hal-hal lain.

Seperti radang gusi,  gusi belum terbiasa dengan flossing atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang atau dental floss, konsumsi obat pengencer darah, perubahan hormon saat kehamilan, ataupun karena gigi palsu yang tidak cocok.

Meskipun sering kali dianggap biasa, ternyata gusi berdarah juga bisa jadi tanda adanya penyakit dalam tubuh.

Melansir laman WebMD, penyakit yang bisa menyebabkan gusi berdarah, yaitu :

1. Gingivitis

Gusi berdarah seringkali merupakan tanda adanya penyakit gingivitis atau radang gusi. Ini adalah penyakit gusi yang umum dan ringan, yang disebabkan oleh penumpukan plak pada gusi.

Gingivitis biasanya menyebabkan gusi menjadi teriritasi, merah, dan bengkak.

Gingivitis bisa disembuhkan dengan merawat gigi dengan baik, misalnya menyikat gigi 2 kali sehari, berkumur dengan obat kumur antibakteri, dan memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi.

2. Periodontis

Gusi berdarah juga bisa jadi tanda adanya periodontis adalah penyakit yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi, yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan malas merawat dan membersihkan gigi.

Periodontis menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi, serta bisa menarik gigi dari akarnya hingga menyebabkan gigi rontok.

Tak hanya itu, periodontis juga bisa mengakibatkan bau mulut, mulut terasa tak enak, gusi berwarna merah, bengkak, dan gusi terasa sangat lunak.

Baca Juga: Beruntunglah Anda Yang Menyukai Tomat, Diabetes Hingga Gusi Berdarah Bisa Diusir Olehnya