Find Us On Social Media :

Ria Irawan Alami Metastasis: Ironis, Kondisi Psikologis yang Sering Dialami Penderita Kanker Ini Justru Percepat Penyebaran Sel Kanker, Bahkan Mengurangi Kemanjuran Kemoterapi

By Nieko Octavi Septiana, Sabtu, 7 September 2019 | 13:30 WIB

Ria Irawan alami metastasis atau penyebaran sel kanker

Intisari-Online.com - Aktris senior Ria Irawan dikabarkan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena sel kankernya kembali aktif dan mengalami metastasis.

Menurut Dewi Irawan, kakak Ria Irawan, artis tersebut sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Salemba, Jakarta Pusat, sejak Minggu (1/9/2019).

Sebelumnya Ria Irawan dinyatakan sembuh dari kanker getah bening, namun sel kankernya kembali aktif hingga harus menjalani perawatan intensif kembali.

Melansir Tribunnews.com, Sabtu (7/9/2019), sel kankernya kini telah menyebar ke otak dan paru-paru.

Baca Juga: Duh, Makanan yang Ditiriskan atau Dibungkus dengan Kertas Koran Ternyata Bisa Sebabkan Kanker, Kok Bisa?

"Iya (menyebar), itu metastasis," kata Dewi menjelaskan kondisi adiknya seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Melansir Canadian Cancer Society, metastasis atau kanker sekunder adalah kondisi ketika sel kanker menyebar dari lokasi pertama sel itu berkembang.

Seperti kasus Ria Irawan, kanker metastasis dapat berkembang beberapa tahun setelah diagnosis pertama kanker.

Perawatan kanker metastasis biasanya lebih sulit daripada kanker yang tidak menyebar dan merupakan salah satu kondisi yang berbahaya bagi penderita kanker.

Baca Juga: Ria Irawan Alami Metastasis: Faktanya, Kebiasaan Tidur Masyarakat Indonesia Ini Juga Bisa Bikin Sel Kanker Menyebar dengan Cepat dalam Tubuh