Find Us On Social Media :

Penelitian: Polutan Gas Buang Kendaraan Berkaitan dengan Kesehatan Mata

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 1 September 2019 | 06:00 WIB

Polusi udara tingkatkan risiko pada kesehatan mata.

Intisari-Online.com – Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Medicine, paparan terhadap tingkat polusi udara tertinggi dikaitkan dengan risiko yang hampir dua kali lipat di antara mereka yang berusia 50 dan lebih tua.

Paparan jangka panjang terhadap polutan dari knalpot kendaraan terkait dengan risiko tinggi dari kondisi mata yang umum, degenerasi makula terkait usia, AMD, singkatnya, para peneliti menyatakan demikian.

Paparan terhadap tingkat polusi udara tertinggi dikaitkan dengan risiko yang hampir dua kali lipat di antara mereka yang berusia 50 dan lebih tua, temuan menunjukkan, melaporkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, 'Investigative Medicine'.

AMD adalah kondisi neurodegeneratif yang mempengaruhi bagian tengah retina, yang dikenal sebagai makula.

Baca Juga: Seniman Getih Getah Sebut Bahwa Polusi Udara Jakarta Bikin Karyanya Cepat Rapuh

Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari penglihatan yang buruk pada orang tua dan kemungkinan besar disebabkan oleh interaksi antara faktor risiko genetik dan lingkungan.

Paparan jangka panjang terhadap polusi udara telah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi, termasuk penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Tetapi sedikit yang diketahui tentang efek potensial pada kesehatan mata.

Untuk mengeksplorasi ini lebih lanjut, para peneliti Taiwan menganalisis asuransi kesehatan nasional dan data kualitas udara dari tahun 1998 hingga 2010 untuk melihat apakah mungkin ada hubungan antara paparan jangka panjang terhadap polutan nitrogen dioksida (NO2) Dan karbon monoksida (CO) dan yang tinggi risiko AMD.

Baca Juga: Disebut Sebagai Kota Dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Beginilah Foto-foto Terbaru Polusi Udara di Jakarta

Karena kondisi ini lebih umum di antara kelompok usia yang lebih tua, para peneliti hanya berfokus pada 39.819 orang berusia 50 tahun ke atas, yang sebagian besar tinggal di daerah perkotaan (30%) atau sedang (32,5%).

Karena ada variasi musiman dalam tingkat polusi udara, para peneliti menghitung paparan tahunan rata-rata, yang dikategorikan ke dalam empat tingkat yang berbeda.