Find Us On Social Media :

Lambang Sang Saka Merah Putih Sudah Ada Bahkan Sejak Zaman Adam dan Hawa

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 17 Agustus 2019 | 06:30 WIB

Bendera merah putih sudah tercipta sejak berabad-abad lampau.

Intisari-Online.com – Kerajaan Singasari mencapai puncak kebesarannya pada zaman pemerintahan Kartanegara.

Tetapi pada akhir pemerintahannya timbul pemberontakan dari Kediri di bawah pimpinan Jayakatwang yang merasa berhak atas tahta kerajaan.

Pemberontakan itu meletus pada tahun 1292. Pertempuran terjadi sepanjang sungai Brantas. Pasukan Kartanegara dipimpin oleh Wijaya dan Ardaraja.

Pada mulanya laskar pemberontak terpukul mundur. Tetapi akhirnya Ardaraja dan anak buahnya terpaksa lari tunggang langgang, ketika tiba-tiba dilihat pasukan Jayakatwang mengibarkan panji-panji Merah-Putih.

Baca Juga: PPI Tangsel Sebut Tak Ada Kontak Fisik Selama Latihan dan Beri Alasan Mengenai Perusakan Buku Harian Merah Putih Aurel

Kejadian itu diabadikan dalam suatu prasasti logam yang kemudian didapatkan di gunung Butak di sebelah Selatan kota Surabaya.

Prasasti yang bertuliskan huruf Kawi itu antara lain berbunyi, “… seketika itu juga maka Sri Baginda bertempur dengan segala tentaranya dan musuh pun lari lagi setelah mengalami kekalahan besar dan rupa-rupanya semuanya berlari tunggang langgang untuk selama-lamanya.

Tetapi dalam keadaan yang sedemikian itu, tampaklah dari pihak Timur Hanyiru bendera Merah Putih kepunyaan musuh berkibar melambai-lambai dan pada ketika itu juga Sang Ardaraja lalu meninggalkan perjuangan berlaku hina dan lari menuju Kapulungan dengan tak keruan.”

Itulah untuk pertama kalinya Merah-Putih berkibar di medan pertempuran sebagai panji-panji pasukan yang menang perang.

Baca Juga: Cerita Pelaku Sumpah Pemuda yang Rumahnya Digeledah Gara-gara Pasang Bendera Merah Putih