Find Us On Social Media :

Bisanya Hanya Menjadi Tanaman Liar, Siapa Sangka Tanaman Ini Memiliki 11 Manfaat 'Ajaib' Berikut

By Afif Khoirul M, Senin, 12 Agustus 2019 | 15:30 WIB

 

Intisari-online.com - Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tanaman yang mungkin disepelekan. Kadang tanaman ini tumbuh liar dan dianggap gulma, bahkan tidak pernah dilirik oleh kita. Tapi tanaman ini ternyata banyak manfaatnya.

Takokak adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu dan pengobatan.

Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Minangkabau), cepoka, cokowana, pokak dan tekokak.

Takokak merupakan buah yang bentuknya mirip ranti atau leunca dalam bahasa Sunda karena memang keduanya masih berada dalam genus yang sama, Solanum. Bedanya, buah takokak memiliki kulit yang lebih tebal dibanding kulit buah ranti/ leunca.

Baca Juga: Sedang Musim Sate, Benarkah Makanan yang Dipanggang Bisa Menyebabkan Kanker?

Selain itu, daun takok juga memiliki daun yang besar dan kasar serta batangnya berduri. Sedangkan leunca memiliki daun yang kecil, licin, dan batangnya tidak berduri. Dari rasanya, takokak memiliki rasa yang getir sedangkan leunca pahit agak manis.

Mungkin karena kaitannya dengan rasa, masyarakat kita lebih akrab dengan leunca dibanding takokak sehingga leunca banyak dibudidayakan, dan takokak dibiarkan tumbuh liar.