Find Us On Social Media :

Takut Kalap Saat Pesta Daging Kurban Besok? Jangan Khawatir, Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

By Nieko Octavi Septiana, Minggu, 11 Agustus 2019 | 09:00 WIB

Bahan makanan penurun kolesterol

Intisari-Online.Com - Besok adalah Hari Raya Idul Adha, waktu umat Islam untuk melakukan kurban.

Momen Idul Adha ini juga dinanti-nantikan dan dimanfaatkan untuk berpesta daging kambing atau sapi hasil kurban.

Tetapi karena manusia terkadang kalap dan tidak bisa membatasi diri, kekhawatiran mengenai kolesterol terus membayangi setelah puas pesta daging.

Sebetulnya bila mengonsumsi secukupnya, kita tak perlu khawatir dengan efek buruk yang ditimbulkan.

Baca Juga: Waspadai Sapi Glonggongan Jelang Idul Adha, Berikut Tips Mengenalinya

Namun, berjaga-jaga tak ada salahnya. Apalagi sejumlah penelitian dan World Health Organization (WHO) telah mengklasifikasi daging merah sebagai karsinogenik bagi manusia.

Selain itu diketahui bahwa ada hubungan kanker pankreas dan kanker prostat serta dengan kanker usus besar.

Cara yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak buruk daging merah ini adalah memilih cara masak yang benar-benar tepat. Selain itu, pola konsumsi dari daging merah ini juga harus diperhatikan.

Hal lain yang juga identik dengan konsumsi daging merah adalah munculnya kolesterol tinggi. Untuk menangani masalah ini, sejumlah tindakan bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut 11 makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh seperti dikutip dari Medical News Today;

Baca Juga: Status Gunung Slamet Naik Jadi Waspada, Ini Daftar 68 Gunung Api Aktif di Indonesia, Adakah yang Berada di Dekat Rumah Anda?

1. Roti gandum

Roti Gandung bisa menjadi salah satu cara lezat turunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan gandum dari roti ini dapat meningkatkan kadar HDL serta menurunkan jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida saat meningkat.