Find Us On Social Media :

Banyak Anak Jadi Korban Kekerasan: Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Interaksi dengan Anak saat Sedang Emosi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 20 Juli 2019 | 10:00 WIB

Jika orangtua sedang emosi, perhatikan ini sebelum berinteraksi dengan anak.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu belakangan ini mungkin Anda mendengar sejumlah kasus penganiayaan hingga pembunuhan anak yang dilakukan oleh orangtuanya sendiri.

Bahkan di Boyolali, Jawa Tengah, seorang ibu melakukan kekerasan hingga menyebabkan anaknya meninggal dunia.

Psikolog Hening Widyastuti mengatakan, alasan terbesar yang memicu tindakan ini adalah emosi orangtua yang tidak terkontrol dan semakin menjadi ketika bertemu dengan anak-anak yang segala tingkahnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ia menyebutkan, ada baiknya orangtua atau orang dewasa melakukan hal-hal berikut sebelum berinteraksi dengan anak:

Baca Juga: Belajar ‘Parenting’ dari Cara Putri Diana Menghadapai Kenakalan William yang Dijuluki ‘Billy si Tukang Banting’

1. Belajar "parenting"

Sebelum menjadi orangtua, ada baiknya seseorang belajar tentang ilmu parenting. Dengan demikian, saat memiliki anak, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara bersikap.

Menurut dia, hal itu penting karena bekal menjadi orangtua tidak terdapat di sekolah formal.

“Penting juga orangtua di saat ini perlu belajar banyak tentang parenting. Mereka perlu membuka diri wawasan tentang itu,” ujar Hening.

Hening juga mengingatkan pentingnya kualitas hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.

Baca Juga: Berkat & Kutukan Terbesar 'Parenting'

Unsur spiritualitas ini, menurut dia, dapat menjadi rem bagi seseorang untuk tidak melakukan tindakan di luar batas, khususnya ketika tengah dilanda emosi.