Find Us On Social Media :

Sering Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong? Hati-hati, Bisa Bikin Tubuh Stres!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Juli 2019 | 15:30 WIB

Ilustrasi minum kopi.

Intisari-Online.com – Tiada hari lebih bersemangat tanpa seduhan kopi di pagi hari.

Ya, kopi telah menjadi minuman yang dikonsumsi oleh banyak orang, bahkan hampir setiap hari.

Minuman berkafein ini diklaim memiliki berjuta manfaat, seperti mencegah kerusakan DNA, bahkan dapat menurunkan berat badan.

Namun, kita tidak bisa mengonsumsi kopi dengan sembarangan, alih-alih sehat yang kita dapatkan malahan efek buruk yang mampir ke tubuh kita.

Baca Juga: Banyak Minum Kopi Tak Masalah? Faktanya, Terlalu Banyak Minum Kopi Punya Efek Buruk pada Kesehatan

“Minum kopi dengan perut kosong, atau pagi-pagi sekali sebelum sarapan, dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh Anda," ucap pakar kesehatan Dr Nikola Djordjevic.

Saat terbangun dari tidur, tubuh mulai melepaskan kortisol, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, dan respons stres.

Jika kita tubuh mendapat asupan kafein ketika kortisol berada di puncaknya, kata Djordjevic, kita justru akan membuat tubuh semakin stres.

Dalam studi yang mengevaluasi preferensi minuman berkafein di kalangan mahasiswa kedokteran, hasil menunjukan 25 persen mahasiswa minum kopi di pagi hari dengan perut kosong.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi Setiap Hari, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol Tubuh, Kok Bisa?