Find Us On Social Media :

Mau Tetap Sehat? Jangan Suka Begadang! Ini 6 Cara Atasi Kebiasaan Begadang Jika Terasa Sulit Dihentikan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 20 Juni 2019 | 07:30 WIB

Ilustrasi begadang

Intisari-Online.com – Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Entah hanya untuk sekadar kongkow-kongkow atau lembur menyelesaikan pekerjaan.

Namun, begadang rasanya sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Banyak orang yang memilih tidur ketika matahari akan terbit dan akhirnya pergi bekerja dengan kondisi badan kurang bugar.

Ini telah menjadi fenomena yang sangat umum, karena kesibukan manusia yang semakin tinggi dan berbagai faktor lain yang membuat mata sulit terpejam di malam hari.

Padahal, begadang menimbulkan berbagai risiko kesehatan, termasuk obesitas. Tidur yang nyenyak adalah kunci mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Kecanduan Begadang Sambil Main Ponsel? Atasi dengan Trik Ini Supaya Cepat Tidur

Selain itu, tidur nyenyak juga mencegah ketidakseimbangan hormon yang bisa mengundang penyakit seperti hipotiroidisme, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Demi kesehatan, berikut cara mengatur jam tubuh dan membuat kita bisa tertidur nyenyak.

1. Jauhi cahaya biru

Perangkat elektronik dan bola lampu hemat energi menghasilkan sesuatu yang disebut cahaya biru.

Baca Juga: Begadang Sambil Main Ponsel pada Tengah Malam, Pria 19 Tahun Ini Berakhir dengan Penyakit Mengerikan

Cahaya ini menyebabkan kita tidak bisa tidur di malam hari. Selain itu, cahaya biru dari penggunaaan ponsel juga memiliki efek yang membuat kita ketagihan, dan ingin tetap terjaga selama 20-30 menit ekstra.

2. Jangan tidur siang terlalu lama