Find Us On Social Media :

Renggut Nyawa Istri Wakil Wali Kota Ambon, Emboli Paru-paru Sebabkan Kematian Mendadak

By Tatik Ariyani, Selasa, 11 Juni 2019 | 13:30 WIB

Istri Wakil Walikota Ambon meninggal karena emboli paru-paru

Intisari-Online.com - Wali Kota Ambon Louhenapessy mengungkapkan penyebab meningalnya istri Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, Iffa Karlina Syarif di salah satu rumah sakit di Kota Amsterdam, Belanda, Senin (10/6/2019).

Dikutip dari Kompas.com, Richard mengatakan dari keterangan dokter di rumah sakit tersebut, Iffa jatuh pingsan dan akhirnya meninggal dunia.

Hal itu disebabkan karena Iffa mengalami penyumbatan pada paru-paru atau dalam istilah medis disebut pulmonary embolism atau emboli paru-paru.

“Itu bisa terjadi, salah satu penyebabnya adalah sirkulasi darah tidak terlalu lancar, akibat dari pada pengentalan darah,” ujar Richard, melalui video conference kepada para pejabat pemerintah Kota Ambon, para camat dan lurah di Balai Kota Ambon, Senin malam.

Baca Juga: Masih 'Menggeram' Setelah 40.000 Tahun, Serigala Pleistosen Raksasa Ditemukan di Yakutia

Richard mengatakan, selain penyumbatan pada paru-paru, dari pemeriksaan dokter, almarhumah juga didiagnosa memiliki sejumlah indikasi yang menyebabkan kondisinya semakin kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

“Ada beberapa indikasi yang juga menjadi keprihatinan. Antara lain misalnya, gangguan dan kelemahan pada syaraf otak yang juga akan berdampak besar pada kondisi dari Ibu Iffa,” ujar dia.

Emboli paru-paru sebabkan kematian mendadak

Kasus di mana emboli paru-paru sebabkan kematian mendadak juga pernah terjadi sebelumnya.

Seorang wanita muda yang sedang mengandung tiga bulan mendadak meninggal setelah hanya beberapa menit mengalami sesak napas.

Pihak keluarganya merasa heran karena selama ini ia tidak pernah mengeluh atau diketahui mengidap penyakit seperti kelainan jantung, tekanan darah tinggi, atau asma.

Baca Juga: 6 Trik Mengatasi Berbagai Rasa Sakit Jika Tak Ada Obat, Termasuk Makan Cokelat