Find Us On Social Media :

Seberapa Efektif Teh Hijau dalam Membantu Menurunkan Berat Badan?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 29 Mei 2019 | 14:00 WIB

Ilustrasi teh hijau.

Intisari-Online.com – Sudah berapa gelas teh hijau yang Anda minum pagi ini?

Anda tentunya berharap dengan rutin minum teh hijau maka berat badan pun bisa turun, paling tidak hanya beberapa kilogram saja.

Memang, minum teh hijau untuk menurunkan berat badan memang bukanlah informasi baru.

Namun, mungkin masih banyak dari kita yang tidak mengetahui pasti seberapa efektif teh hijau dapat membantu kita mendapatkan bentuk tubuh ideal?

Baca Juga: Masker Lemon dengan Teh Hijau Anti Keriput, Yuk Simak Cara Buatnya

Beberapa percobaan klinis kecil namun memiliki reputasi menemukan bahwa orang-orang dengan berat badan berlebih yang meminum teh hijau (baik dalam bentuk minuman maupun ekstrak) mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak meminumnya.

Namun, ada pula beberapa studi yang menunjukkan bahwa teh hijau, baik berupa minuman atau suplemen, tidak memberikan manfaat apapun.

Meski beberapa studi mengamini manfaat teh hijau untuk penurunan berat badan, ditemukan bahwa penurunan berat badan tersebut biasanya bukan merupakan transformasi total.

Sebuah studi kecil yang dilakukan di Oklahoma State University menemukan, orang-orang yang meminum teh hijau atau mengambil ekstraknya bisa menurunkan berat badan lebih dari 0,5 kg dalam delapan minggu.

Jumlah ini lebih signifikan daripada mereka yang hanya minum air putih.

Baca Juga: Benarkah Teh Hijau Bisa Bantu Melawan Obesitas? Ini Jawaban Para Ahli