Find Us On Social Media :

Awas, Kadar 'Kolesterol Jahat' yang Rendah Dapat Tingkatkan Risiko Stroke pada Wanita

By Katharina Tatik, Selasa, 16 April 2019 | 07:00 WIB

Kenali kolesterol untuk mencegah dan mengatasinya

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian baru-baru ini memperingatkan bahwa wanita dengan kadar rendah kolesterol lipoprotein, yang sering disebut “kolesterol jahat”, mungkin menghadapi peningkatan risko stroke pendarahan.

Menurut pedoman terbaru dari American College of Cardiology dan American Heart Association, kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) seseorang harus tetap di bawah 100 miligram per desiliter (mg/dL) untuk menjaga kesehatan.

Umumnya, para spesialis menganggap LDL sebagai kolesterol “jahat”.

LDL membawa kolesterol ke sel-sel yang perlu  memanfaatkannya, tetapi jika kadarnya terlalu tinggi, ia dapat menempel pada arteri, yang mengarah ke segala macam masalah kardiovaskular.

Baca Juga : Siapa Sangka, Tempe yang Murah Meriah Itu Bisa Cegah Osteoporosis Hingga Turunkan Kolesterol

Namun, penelitian baru dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita serta Harvard Medical School di Boston, MA, ini telah menemukan bahwa wanita dengan kadar LDL di bawah 100 mg/dl sebenarnya lebih berisiko terkena stroke hemoragik (pendarahan).

Jenis stroke ini, meskipun lebih jarang daripada stroke iskemik, lebih sulit diobati dan karenanya lebih berbahaya bagi yang mengalaminya.

Strategi untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, adalah memodifikasi diet atau mengonsumsi statin, yang banyak digunakan untuk mencegah penyakit kardiovaskular, jelas penulis penelitian Pamela Rist, dari Brigham and Women’s Hospital, seperti dilansir dari medicalnewstoday.

Dari hasil penelitian menujukkan bahwa pada wanita, level kolesterol yang sangat rendah juga membawa beberapa risiko.

Wanita sudah memiliki risiko stroke yang lebih tinggi daripada pria, maka jelas mendefinisikan cara untuk mengurangi risiko itu.

Baca Juga : Mau Langsing dan Cegah Kolesterol? Coba Minum Air Madu Hangat Tiap Pagi, Rasakan Juga Manfaat Lainnya