Find Us On Social Media :

Ini Rupanya yang Bikin Anak-anak Jepang Jadi Paling Sehat di Dunia

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 10 Maret 2019 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com – Bila membicarakan tentang bagaimana menjalani kehidupan yang panjang dan sehat, tentunya kita akan belajar dari yang terbaik bukan?

Para orangtua tentunya ingin anak-anaknya menjadi sehat dan bahagia.

Namun, soal makanan, hal yang seharusnya menyehatkan bagi anak-anak, menjadi medan pertempuran sendiri bagi banyak keluarga.

Menurut hasil studi kesehatan utama di seluruh dunia yang diterbitkan dalam The Lancet, jika Anda adalah anak yang lahir di Jepang pada hari ini, Anda diramalkan bisa menikmati kehidupan yang paling lama dan paling sehat, dan gaya hidup serta pola makan adalah alasan utama.

Baca Juga : Terkenal Sangat Disipilin, Ternyata Seperti Inilah Cara Orang Jepang Mendidik Anaknya

Ketika obesitas dan insiden diabetes meroket di seluruh dunia, tingkat obesitas anak Jepang secara historis jauh lebih rendah, dan menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Apa rahasianya?

Berikut ini tujuh langkah praktis  yang dapat dilakukan semua orangtua untumk memelihara kesehatan anak-anak, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Jadikan makan keluarga lebih memuaskan

Makan gaya Jepang sangat efisien karena mengenyangkan sekaligus memberikan nutrisi berkualitas tinggi.

Tentu saja, tidak perlu seperti orang Jepang harus makan rumput laut, sushi, dan tahu, hanya mengubah kebiasaan makanan keluarga Anda ke arah yang lebih sehat.

Sajikan lebih banyak makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat, seperti ikan yang kaya omega-3 dan sehat untuk jantung, lebih sedikit menyajikan makanan olahan yang sarat gula dan garam.

Pola makanan tersebut relatif rendah kalori, tinggi nutrisi, dan lebih efisien mengenyangkan dengan padat kalori.

Ini akan membantu meminimalkan obesitas serta sejumlah penyakit dan memaksimalkan probabilitas hidup yang panjang dan sehat.

Satu rahasia mereka: standar makanan Jepang adalah nasi, lebih daripada roti atau pasta.

Keuntungan beras pendek Jepang, lebih disukai, atau nasi haiga rasanya sangat enak, dengan kalori lebih rendah daripada roti.

Semua nasi yang mengisi perut mungkin juga menggantikan makanan yang kurang sehat dan mengurangi jumlah kalori yang dimakan.

Baca Juga : Biasa Tumbuh Subur di Mojokerto, Siapa Sangka Tanaman Ini Adalah Rahasia Awet Muda para Samurai Jepang