Find Us On Social Media :

Ini 6 Gejala Kanker Usus Besar, Jangan Pernah Diabaikan!

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 3 Maret 2019 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Salah satu kanker paling mematikan, meski tidak selalu, tapi memberi tanda peringatan keras untuk memberi tahu kita ada sesuatu yang salah pada tubuh kita.

Maret adalah bulan kesadaran kanker kolorektal. Kita mungkin menganggapnya sebagai masalah orang yang lebih tua, tapi orang dewasa berusia 20-an dan 30-an pun banyak yang didiagnosis menderita penyakit ini.

Demikian penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, seperti dilansir dari today.com.

Ketika skrining telah membantu menurunkan jumlah kasus secara keseluruhan, epidemi obesitas mungkin memicu peningkatan di kalangan orang dewasa muda.

Baca Juga : Catat! Per 1 Maret 2019, Obat Kanker Usus Tak Lagi Ditanggung BPJS

"Orang-orang mungkin kadang-kadang tidak nyaman membicarakan bagian tubuh mereka," kata Dr. Jennifer Inra, seorang ahli pencernaan di Brigham and Women's Hospital di Boston.

"Ada kesadaran di antara masyarakat, tetapi tidak cukup banyak orang yang diperiksa ... orang kadang-kadang gugup tentang tes skrining."

Kanker kolorektal adalah kanker paling umum ketiga yang didiagnosis di AS dan merupakan penyebab utama kedua kematian akibat kanker pada pria dan wanita Amerika, menurut CDC.

Berikut ini adalah 6 gejala kanker kolorektal yang tidak boleh kita abaikan.

Baca Juga : Istri Ustaz Maulana Meninggal Karena Kanker Usus: Ini Gejala dan Faktor Risiko yang Sering Diabaikan