Find Us On Social Media :

Sebenarnya Kapankah Waktu Terbaik Makan Salad, Sebelum atau Sesudah Makanan Utama?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 21 Februari 2019 | 07:30 WIB

Intisari-Online.com – Menjadi hal yang biasa ketika makan makanan tanpa “upacara”, makan dengan cepat melahapnya di meja, di area istirahat kantor, atau di depan TV ruang tamu.

Tetapi, jika kita harus mengikuti makan “formal”, seperti jamuan atau pernikahan, maka kemungkinan akan dimulai dengan makan salad.

Koki dan ahli etiket Amerika menunjukkan sifat mengisi serat untuk mempertahankan posisi salad sebagai hidangan pertama.

Tetapi dalam banyak budaya lain, menikmati salad setelah hidangan utama dianggap sebagai langkah yang tepat untuk pencernaan yang tepat.

Baca Juga : Gado-gado, Salad Asli dari Indonesia yang Kaya Rasa dan Gizi

Jadi, kapan kita sebenarnya harus makan salad: sebelum, selama, atau setelah hidangan utama?

HuffPost berbicara dengan koki dan spesialis etiket dari seluruh dunia untuk mempelajari protokol salad untuk 5 masakan global yang berbeda, dan alasan di balik masing-masing.

Di Amerika Serikat, pengunjung biasanya memakan salad sebelum hidangan utama.

Makanan formal di Amerika umumnya dimulai dengan salad dan/atau sup, diikuti oleh hidangan pembuka, hidangan utama, dan kemudian hidangan penutup.

Baca Juga : Hi…Temukan Katak di Saladnya, Bukannya Jijik, Wanita Ini Malah Lakukan Hal Tak Terduga

Menurut pakar etiket Jacquelyn Youst dari Pennsylvania Academy of Protocol, memulai dengan salad dapat mencegah makan berlebihan di waktu makan berikutnya.

“Orang Amerika biasanya makan salad sebelum atau selama makan. Seperti beberapa penelitian yang ditunjukkan, makan salad sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori Anda.”

Ahli gastroenterologi NYU Rabia de Latour setuju dengan temuan Youst, mengatakan kepada HuffPost bahwa “perut merasakan kenyang setelah periode waktu tertentu, jadi jika Anda tertarik untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan, isi perut Anda dengan serat rendah kalori seperti selada sebelum makan Anda akan membantu dengan ini."