Find Us On Social Media :

Episode Suku Israel yang Hilang: Penduduk Asli Amerika dan Yahudi

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 21 Januari 2019 | 16:00 WIB

Intisari-Oline.com - Pada abad ke-8 SM, bangsa Asyur membubarkan Kerajaan Israel, dan melahirkan legenda seputar Suku-suku yang hilang.

Mengenai keturunan suku yang hilang, salah satu diskusi yang paling menarik adalah tentang penduduk asli Amerika yang dikaitkan dengan suku hilang ini.

Salah satu buku pertama yang mengungkap teori itu ditulis oleh Manasseh ben Israel, seorang Yahudi, rabi Belanda, cendekiawan, dan diplomat.

Beberapa penulis tertarik pada sejarah penduduk asli Amerika, tetapi kebanyakan dari mereka hanya tertarik pada Alkitab.

Baca Juga : Sekilas tentang Israel Modern: Negara Kecil Pemula dengan Peran Besar di Panggung Dunia

Identifikasi yang dekat di antara beberapa orang Amerika abad ke-17 dan ke-18 dengan orang-orang pilihan Kitab Suci membantu para pemukim Kristen melihat penjajahan mereka di New England sebagai peragaan kembali perjalanan Israel ke Tanah Perjanjian.

Untuk mengutip satu contoh saja, dalam khotbah 1799 Hari Pengucapan Syukur, Abiel Tabbot memberi tahu jemaatnya di Massachusetts:

"Sudah sering dikatakan bahwa orang-orang Amerika Serikat mendekati paralel dengan Israel Kuno, daripada bangsa lain mana pun di dunia."

Sebuah kejadian aneh yang menarik perhatian bahwa penduduk asli Amerika keturunan bangsa Israel kuno pun terjadi.

Baca Juga : Menguras Rp200 Juta Demi Sepetak Tanah Kubur, Begini Tradisi Unik Pemakaman di Israel