Find Us On Social Media :

Berolahragalah Hingga Berkeringat, Manfaatnya untuk Jantung Setara dengan Obat Resep Dokter

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 Januari 2019 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com – Olahraga mungkin menjadi resep jantung sehat berikutnya.

Olahraga hingga berkeringat mungkin dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak yang bisa dilakukan oleh resep dokter, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, seperti dilansir dari Menshealth

Para peneliti mengumpulkan data dari 194 uji klinis yang berfokus pada obat-obatan yang dirancang untuk menurunkan tekanan darah sistolik, dan 197 uji coba yang memasukkan data tentang dampak latihan terstruktur seperti bersepeda, lari, berenang, dan latihan kekuatan.

Setelah menghitung angka-angka tersebut, para peneliti menemukan bahwa tekanan darah lebih rendah untuk mereka yang menggunakan obat antihipertensi daripada mereka yang berolahraga.

Baca Juga : Cukup 1 Sendok Selama Seminggu, Berat Badanmu Berkurang Tanpa Olahraga

Tetapi, ketika mereka membatasi analisis mereka untuk orang-orang dengan tekanan darah tinggi, ternyata, olahraga tampaknya sama efektifnya dengan kebanyakan obat dalam menurunkan kadarnya.

Olahraga telah lama dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Latihan yang keras meningkatkan kekuatan dan efisiensi jantung, jadi tidak perlu bekerja sekeras apa pun untuk menjaga agar Anda tetap fit.

Meskipun hasilnya menjanjikan, temuan ini seharusnya tidak menuntun Anda untuk membuang obat apapun yang Anda pakai, dan malah menggunakan sepeda, kata penulis penelitian, Huseyin Naci, Ph.D., MHS, asisten profesor kebijakan kesehatan di London School of Economics dan Ilmu Politik.

Baca Juga : Malas Berolahraga? Cobalah 4 Langkah Ini, Anda Pasti akan 'Dipaksa' Bisa Berolahraga Setiap Hari

Itu karena penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, terutama karena kurangnya penelitian tentang aktivitas fisik sebagai pilihan mandiri untuk menurunkan tekanan darah.

Sudah ada banyak bukti kuat yang mendukung hubungan antara olahraga dan kesehatan jantung yang lebih baik.

Jadi, jika Anda mencari cara yang baik untuk menjaga jantung Anda tetap kuat dan mengurangi risiko masalah terkait tekanan darah, ada manfaat besar untuk menjaga rutinitas olahraga.

Namun, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan setiap peningkatan aktivitas olahraga dengan aman.

Baca Juga : Benarkah Olahraga akan Sia-sia Jika Kita Tetap Makan Setelah Melakukannya? Ini Jawaban Pakar Nutrisi!