Find Us On Social Media :

Inilah Pertempuran Laut Heroik yang Berakibat Pada Tenggelamnya Kapal RI Gadjah Mada

By Ade Sulaeman, Sabtu, 6 Januari 2018 | 14:15 WIB

Intisari-Online.com - Sebelum peristiwa pertempuran Laut Aru yang berakibat pada tenggelamnya kapal perang KRI Macan Tutul (Januari 1962) ternyata pernah berlangsung pertempuran laut yang berakibat pada tenggelamnya kapal RI Gadjah Mada di Cirebon (Januari 1947).

Pada 7 Januari 1947 untuk mengantisipasi serangan Belanda dan sekaligus melatih kesiapan tempur personelnya, Angkatan Perang RI berencana menggelar latihan perang dan pendaratan melalui laut di Pangkalan III Angkatan Laut RI (ALRI) Cirebon.

Latihan melibatkan kesatuan-kesatuan AD, Laskar Pemuda , Kepolisian, dan ALRI yang berbasis di sekitar Karesidenan Cirebon.

Latihan tempur digelar dalam dua tahapan, yaitu latihan perang laut dan pendaratan amfibi.

(Baca juga: Perang Enam Hari, Mengingat Kembali Sejarah Jatuhnya Yerusalem ke Tangan Israel)

Lalu dilanjukan latihan perang darat yang melibatkan kesatuan-kesatuan gabungan dari AD, AL, Laskar Pemuda, Kepolisian dan warga masyarakat di sekitar kota Cirebon.

Pangkalan III ALRI Cirebon yang dikomandani Kolonel H.P. Simanjuntak memiliki sebuah kapal perang jenis coaster (peronda pantai) yang dibeli dari Singapura.

Kapal ini kemudian diberi nama RI Gadjah Mada-408. Kapal kayu dengan diameter panjang 32 meter, lebar 5 meter dan kecepatan maksimum 12 mil per jam.

Kapal tersebut, dimodifikasi menjadi kapal perang dengan dilengkapi persenjataan mitraliur berat 12,7 mm di anjungan dan mitraliur pompom 20mm di buritannya.

RI Gadjah Mada diawaki oleh 23 orang ABK (1 komandan dan 22 ABK), dipimpin oleh Letnan Satu Samadikoen (26th).

Latihan perang laut digelar oleh satuan eskader Corps Armada Pangkalan III ALRI Cirebon, yang terdiri atas RI Gadjah Mada-408, kapal patroli tipe P-6, P-7, P-8, P-9 dan P-10, serta kapal motor Antaredja, Semar, dan Soerapringga.

Sebuah kapal kayu eks Jepang tidak bernama juga dilibatkan, trmasuk lima motor-boat, dan dua kapal pendarat (landing craft vehicle-personnel/LCVP).