Find Us On Social Media :

Waduh, Ternyata 22 Pelampung Pendeteksi Tsunami Sudah Tak Berfungsi Sejak 2012

By Yoyok Prima Maulana, Sabtu, 16 Desember 2017 | 21:00 WIB

Titik pusat gempa yang terjadi pada Jumat (15/12/2017) malam.

Intisari-online.com - Sebanyak 22 pelampung atau buoy tsunami yang dibangun Indonesia bersama Jerman, Malaysia, dan Amerika Serikat pasca-tsunami Aceh sudah tidak ada yang berfungsi atau beroperasi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, 22 alat pendeteksi tsunami tersebut sudah tidak beroperasi sejak 2012.

Meski buoy hanyalah satu bagian dari Indonesia Tsunami Early Warning System, keberadaanya penting untuk memberikan informasi yang lebih akurat mengenai potensi tsunami.

"Kalau ada buoy maka BMKG pasti akan lebih pasti (dalam) menyampaikan ke masyarakat akan datangnya tsunami atau tidak terdeteksinya tsunami," kata Sutopo dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

BACA JUGA: 

Peringatan dini tsunami yang dikeluarkan BMKG lima menit setelah terjadinya gempa berkekuatan 6,9 SR di selatan Jawa tadi malam, dilakukan berdasarkan pengamatan manual oleh petugas dan modeling.

BMKG sebelum pemutakhiran menyatakan skala gempa 7,3 SR. Kekuatan gempa di atas 7 SR berpotensi tsunami.

Padahal alat sensor inilah yang akan mengirimkan informasi wilayah mana saja yang akan diterjang dan kapan datangnya tsunami.

"Pengamatan dilakukan manual, di mana petugas berada di pantai mengamati datangnya tsunami, tanda-tanda tsunami. Hingga berakhir dua jam kemudian, BMKG mencabut peringatan dini tsunami," ujar Sutopo.

BACA JUGA: 

Pada Sabtu (16/12/2017) pukul 02.30 wib, BMKG akan menyatakan peringatan dini tsunami berakhir. Sutopo mengatakan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia rawan gempa, maka keberadaan buoy menjadi sangat penting.

"Jadi ke depan, ini perlu dibangun kembali, diadakan kembali untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia yang memang rawan tsunami," pungkasnya. (ESTU SURYOWATI)

BACA JUGA: 

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "22 Pelampung Pendeteksi Tsunami Tidak Berfungsi Sejak 2012."