Find Us On Social Media :

Punya Tekanan Darah Rendah, Begini Cara Olahraganya

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 November 2017 | 21:00 WIB

Beda Usia, Beda juga Jenis Olahraganya

Intisari-Online.com – Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Bahkan, sejumlah penelitian mengatakan, olahraga terbukti sebagai salah satu resep jitu untuk mencegah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

“Meski demikian, olahraga tidak bisa banyak dilakukan bagi mereka yang bertekanan darah rendah (90/60 atau kurang). Sebab, efek yang ditimbulkan setelah berolahraga adalah penurunan tekanan darah,” jelas dr. Sophia Hage, SpKO., dokter spesialis kesehatan olahraga di Klinik Lighthouse Wahid Hasyim, Jakarta.

(Baca juga: Khasiat Tersembunyi Bawang Merah, Ampuh Hajar Sembelit Dan Tekanan Darah Tinggi)

(Baca juga: Ternyata Begini Peran rokok Dalam Meningkatkan Tekanan Darah Sesorang)

Hal itulah yang membuat, terkadang mereka yang bertekanan darah rendah mengalami beberapa gejala, seperti pusing, kepala terasa ringan, dan kesemutan ketika berolahraga.

Akan tetapi, hal tersebut bukan alasan untuk tidak berolahraga. Sebetulnya, dengan tetap berolahraga secara teratur justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal.

Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru. Selain itu, kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien.

Bagi mereka yang bertekanan  darah rendah dapat memilih olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan organ jantung dan paru-paru, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Misalnya, renang, jalan cepat, rowing (mendayung), jogging, bersepeda, dan pilates.

Selain itu, juga dapat memilih olahraga yang sifatnya dapat meningkatkan kekuatan otot, yakni latihan beban dengan intensitas ringan dan latihan kalistenik (olahraga yang menggunakan beban tubuh kita sebagai beban untuk latihan).

Begitu juga mengenai durasi waktu berolahraga. Sebetulnya, tidak ada batasan waktu tertentu bagi mereka yang bertekanan darah rendah untuk membatasi waktu berolahraga.