Find Us On Social Media :

Wisata Lidah Di Bakmi Pak Dul Solo, Warung Kegemaran Jokowi

By Yoyok Prima Maulana, Rabu, 8 November 2017 | 18:15 WIB

Intisari-online.com - Kota Solo terkenal sebagai salah satu destinasi favorit orang yang suka keplek ilat atau menggoyang-goyangkan lidahnya.

Maklum, Solo menyimpan daya tarik wisata kuliner yang aduhai. Salah satu tempat wajib penyuka kuliner saat bertandang ke Solo adalah Warung bakmi H. Pak Dul, sebuah warung kaki lima di bilangan Jalan Ronggowarsito, Kampung Baru.

Kepopuleran warung bakmi ini bisa dilihat saat Presiden Joko Widodo punya hajat menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu, di Solo (8/11).

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung berbagi bersama Gubernur Jawa Tengan Ganjar Pramono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rano Karno, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat terlihat mampir di warung ini. Bahkan Megawati Sukarnoputri juga sempat singgah, meski lolos dari jepretan kamera.

BACA JUGA: 

Menu utama warung ini adalah bakmi jawa plus chinesee food yang sudah dikolaborasikan dengan lidah Jawa. Meski begitu, andalannya tetap bakmi godog jawa yang khas.

Warung bakmi yang berusia lebih dari 40 tahun itu. Menurut Nur, Pemilik Warung Bakmi H. Dul, saat ini warung mi langganan Jokowi itu dikelola generasi ketiga. Pemiliknya aslinya adalah ayahnya yang memiliki nama asli Ramli Hadi Sanjoyo sendiri sudah lama meninggal.

MENU ANOMAN OBONG

Selain rasa bakminya yang maknyus, warung bakmi ini punya keunikan tersendiri, nama-nama menunya aneh!

Saat berkunjung ke sana kita akan menemukan nama asing seperti anoman obong, bangjakoy, ngokecin, kamar belah, dan singapur.

Menurut Nur, nama-nama unik tersebut sengaja dipilihnya agar orang penasaran dan tertarik mencoba.

Salah satu pelanggan yang penasaran adalah sang presiden sendiri, yakni Joko Widodo. 

Saat masih menjabat sebagai walikota Solo, Jokowi tertarik dengan menu bernama anoman obong. Ia kemudian mencoba dan suka.