Advertorial

Hati-hati, Ada Penipuan yang Melibatkan Aplikasi MyTelkomsel, Ini Modus dan Bahayanya

Afif Khoirul M
Afif Khoirul M
,
Ade Sulaeman

Tim Redaksi

Baru-baru ini beredar modus penipuan dengan yang melibatkan operator seluler Telkomsel, seperti ini bentuk penipuan tersebut.
Baru-baru ini beredar modus penipuan dengan yang melibatkan operator seluler Telkomsel, seperti ini bentuk penipuan tersebut.

Intisari-online.com - Era digital membuat modus kejahatan menjadi semakin beragam.

Salah satunya adalah modus penipuan yang mengincar para pelanggan operator seluler Telkomsel.

Pelaku penipuan menggunakan modus dengan meminta kode verifikasi milik pengguna di aplikasi MyTelkomsel.

MyTelkomsel sendiri adalah aplikasi milik operator seluler Telkomsel di mana pelanggan dapat bertransaksi seperti isi pulsa, bayar tagihan, aktivasi paket, hingga tukar poin.

Baca Juga : Trauma dengan Wanita, Pria Ini Nikahi Boneka dari Sosok Penyanyi Virtual

Si penipu, biasanya menghubungi korban lewat sambungan telepon atau sms dan meminta korban mengirimkan kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel tersebut.

Jika kode tersebut diberikan, maka semua transaksi di aplikasi MyTelkomsel bisa diambil alih si pelaku penipuan.

Oleh karena itu, Telkomsel sendiri mengimbau agar pengguna waspada akan modus ini.

Dilansir dari KompasTekno, Selasa (6/11/2018), Telkomsel menegaskan tak pernah meminta pengguna untuk mengirimkan kode verifikasi MyTelkomsel dengan alasan apapun.

Baca Juga : Anak Lebih Gampang Seriawan Dibandingkan Orang Dewasa, Ini Alasan dan Cara Mengobatinya

"Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun."ungkap GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

"Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank," tambahnya.

"Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel,” lanjut Denny.

Ia pun menegaskan bahwa Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi jika ada informasi mengenai produk, layanan, ataupun promosi berhadiah.

Baca Juga : 10 Manfaat Jepan alias Labu Siam yang Jarang Diketahui. Salah Satunya Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Lo!

Informasi itu akan selalu dipublikasi lewat media massa nasional, GraPARI dan situs resmi perusahaan.

Denny juga mengatakan bahwa pelanggan yang mengaktifkan aplikasi MyTelkomsel di lebih dari satu perangkat, dapat melakukan logout otomatis dengan menekan tombol *323*20#.

Dengan begitu semua akun MyTelkomsel yang aktif akan keluar secara otomatis.

Telkomsel pun memiliki jalur khusus pelaporan penipuan dengan menghubungi layanan call center 24 jam di nomor 188, atau mengirim SMS pengaduan dengan format: PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN dikirimkan ke 1166, atau melalui akun media sosial Telkomsel di Facebook, Twitter Telegram dan Line.

Baca Juga : Cara Mengobati Biduran Secara Alami Tanpa Obat Kimia tapi Tetap Manjur

"Telkomsel serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggan kami. Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan," imbuh Denny.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspadai Penipuan dengan Modus Verifikasi Aplikasi MyTelkomsel"

Artikel Terkait