Bagaimana Bisa Tanjakan Seekstrim Gunung Bromo Terasa Enteng Dengan Mobil 1500 cc? All Honda CR-V 1.5 Turbo Menjawabnya

Yoyok Prima Maulana

Editor

Menguji Honda CR-V Turbo di Gunung Bromo
Menguji Honda CR-V Turbo di Gunung Bromo

Intisari-online.com – Tidak mudah menaklukkan tanjakan Gunung Bromo. Selain berkelok-kelok, di gunung setinggi 2.329 m tersebut kerap dijumpai tanjakkan dengan kemiringan hingga 40 derajat.

Tantangan medan Gunung Bromo ini menggelitik PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk menguji varian terbaru mereka, All Honda CR-V 1.5L Turbo.

Maklum, salah satu varian mobil yang baru dirilis pada April 2017 ini “hanya” dibekali mesin berkapasitas silinder 1.500 cc.

Pada 19-21 Juli, Intisari mendapat kesempatan untuk menguji All Honda CR-V 1.5L Turbo dengan rute Malang-Bromo-Surabaya.

(BACA JUGA:Bahaya! Jangan Langsung Nyalakan AC Mobil)

Kontur jalanan yang dipenuhi oleh tanjakan curam dengan tikungan tajam menjadi tantangan tersendiri.

Namun semua itu mampu dilibas dengan sangat mudah.

Sulit dipercaya, tarikan seenteng ini bisa diperoleh dari mesin yang “hanya” berkapasitas 1.500 cc.

Intisari seakan-akan tengah mengendarai mobil berkapasitas di atas 2.000 cc.

KENAPA BISA BEGITU?

Mesin Honda CR-V 1.5 Turbo
Kunci rahasianya terletak pada teknologi turbo di mesin 1.5 liter VTEC Turbo yang ditanamkan di CR-V generasi kelima.

Pada intinya, sistem turbo memanfaatkan gas buang untuk memantapkan udara masuk ke silinder head sehingga pembakarannya maksimal dan tenaga yang dihasilkannya meningkat.

Alhasil, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS @5600 rpm dan torsi 240 Nm @2.000-5.000 rpm, terbesar di kelasnya.

Ini juga lebih besar dibandingkan dengan Honda CR-V 2.0 liter SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimum 154 ps @6.500 rpm dengan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm.

"Gunung Bromo merupakan lokasi yang tepat untuk menguji ketangguhan All New CR-V Turbo," kata Presiden Direktur HPM Takehiro Watanabe.

PASIR BERBISIK

Bermanuver dengan mudah di kaldera Gunung Bromo atau Pasir Berbisik.
Kami juga menguji All Honda CR-V 1.5L Turbo di kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi yang berada tepat di bawah kawah Bromo.

Lokasi yang dikenal dengan sebutan “Pasir Berbisik” ini biasanya hanya dilalui oleh kendaraan penggerak empat roda (4WD).

Dengan tenaga yang besar, desain SUV yang tangguh, hingga dukungan berbagai fitur seperti Vehicle Stability Assist (VSA) membuat mobil ini bermanuver tanpa kendala di lautan pasir.

Hal sama juga terjadi saat kami mengujinya di Bukit Teletubies, kawasan bukit berbukit nan indah di Gunung Bromo.

Pawang kuda, Bukit Teletubies, dan Honda CR-V

PENGEREMAN “AJAIB”

Honda CR-V

Hal yang sering dikhawatirkan orang saat bertamasya ekstrim di medan penuh tanjakan curam adalah mobil berjalan mundur saat berhenti di tanjakan.

Problem semacam itu dipastikan tidak akan ditemui saat bertamasya dengan All Honda CR-V 1.5L Turbo .

Pasalnya, di mobil ini tertanam fitur Auto Brake Hold.

Fungsinya, menghidupkan rem secara otomatis ketika mobil sedang melaju dan berhenti.

Jadi, saat berhenti di tanjakan, kami dapat mengistirahatkan kaki dari pedal rem. Tinggal tekan pedal gas lagi mobil langsung melaju mulus.

(BACA JUGA:Mengapa Lampu Belakang Mobil Warnanya Merah? Ternyata Alasannya Sangat Ilmiah)

SUV UNTUK KELUARGA

Honda CR-V

Berbeda dengan generasi sebelumnya, All Honda CR-V 1.5L didesain untuk 7 seat.

Artinya bisa menampung satu keluarga besar saat bertamasya.

Balutan interiornya sangat mewah. Dashboard All New Honda CR-V dilengkapi dengan Meter Cluster canggih yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara.

Roda kemudi berbalut kulit dilengkapi Audio Steering Switch, Handsfree Telephone Switch dan Cruise Control untuk memudahkan pengemudi saat berkendara.

Sementara Audio Video System canggih dengan layar sentuh 9” telah dilengkapi berbagai fungsi.

Termasuk Smartphone Connection, NAVI System, Multi Angle Rearview Camera, dan nanoeTM Technology yang berfungsi menjaga kualitas udara dalam kabin.

Ini membuat Intisari tetap merasa nyaman meski sedang melakoni perjalanan di medan seekstrim Gunung Bromo.

(BACA JUGA:Ternyata Cara Memegang Setir Mobil Bisa Ungkap Kepribadian, yang Manakah Anda?)

INI DIA HARGANYA

All New Honda CR-V Turbo pertama kali diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 pada tanggal 27 April.

Mobil ini dibanderol Rp466 juta untuk 1.5L Turbo, dan Rp506 juta untuk tipe 1.5L Turbo Prestige.

Sejak mulai dapat dipesan konsumen pada bulan April 2017 hingga pertengahan bulan Juli 2017, pemesanan All New Honda CR-V Turbo di Indonesia telah mencapai lebih dari 4500 unit.

Marketing and After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy mengatakan, Honda CR-V Turbo terbaru sudah tersedia di seluruh diler resmi Honda di seluruh wilayah di Indonesia.

Dia berharap pihaknya bisa menjual sekitar 2.000-an unit All New Honda CR-V Turbo per bulannya.

“Target kita sekitar 2.400 tiap bulan, selama 2.400 unit per bulan kita bisa handle. Kami akan memastikan kapasitas produksi agar dapat secepatnya memenuhi permintaan pelanggan," kata dia.

(BACA JUGA:Dalam Waktu 5 Menit Saja, Kita Bisa Temukan Lokasi Mobil Terparkir dengan Fitur Terbaru Google Maps)

Artikel Terkait