Intisari-Online,com - Sering kali tak disadari publik, ada pesan-pesan tersembunyi dari logo perusahaan dunia. Dan, ternyata sangat menarik bagaimana mereka menyisipkan pesan-pesan itu.
Panah sebagai simbol progresif dan melesat ke depan, sering menjadi pesan dan harapan tersembunyi. McDonald memiliki simbol huruf "M", namun sebenarnya itu berfilosofi panah. Demikian juga simbol sederhana Nike memiliki filosofi melesat.
Beberapa simbol perusahaan dunia yang memiliki pesan tersembunyi antara lain BMW, FedEx, Carrefour, Amazon dan lainnya. Hebatnya, sekali Anda melihat simbol tersembunyi itu, Anda sulit melupakannya. Itulah kehebatan pembuat simbol.
Logo FedEx dibuat pada 1994 yang terkenal dengan warna blok warna oranye dan ungu. Tapi, jika Anda mengamati dengan seksama, maka akan melihat simbol panah antara huruf "E" dan "X".
Dalam buku berjudul Law of Subtraction, Lindon Leader yang membuat logo FedEx itu mengatakan, "Panah itu bisa berkonotasi maju ke depan, kecepatan, dan ketepatan. Jika dibuat tersembunyi, itu untuk membuat elemen kejutan biar ada momen kekaguman."
Logo Amazon juga memiliki panah kuning di bawah logo titel yang menunjuk dari "A" ke "Z". Ini mengilustrasikan keberagaman produk dalam website, tersedia dari A sampai Z. Tapi, panah itu juga melambangkan senyuman sebagai harapan kepuasan konsumen.
Sedangkan logo VAIO di Sony memiliki huruf "V" dan "A" yang menyatu sebelum "I" dan "O". Huruf "V" dan "A" menunjukkan sinyal, sedangkan "IO" melambangkan berpasangan.
Pengaruh Warna
Sebanyak 184 orang dewasa diuji melihat beberapa warna berbeda dalam logo perusahaan imajiner. Hasilna, logo berwarna biru merepresntasikan perasaan percaya diri, sukses, dan keandalan.
Sedangkan warna hijau memunculkan rasa subur, perkawanan, keras, dan kejantanan. Warna ungu cenderung berhubungan dengan kewanitaan, glamor, dan riang. Sedangkan warna merah jambu merepresentasikan anak muda dan fashion.
Warna kuning dalam logo membangun persepsi rasa suka dan modern. Sedangkan warna merah membangun perasaan kepercayaan diri dan keahlian.
Pengaruh bentuk
Sebanyak 69 mahasiswa dijelaskan penelitian itu tentang pilihan produk. Kemudian mereka diminta melihat iklan sofa untuk memilih yang berlogo melingkar atau lurus.
Nah, ternyata untuk kasus sofa, sebagian besar mahasiswa itu melihat bahwa sofa yang memiliki logo melengkung terasa lebih nyaman daripada logo lurus.
Mitsubishi memiliki logo lurus-lurus berbentuk tiga berlian. Beda dengan Disney atay LG yang memiliki logo dengan garis-aris melengkung. Namun, berbeda dari kasus sofa, logo lurus juga bisa memberi kesan bagus untuk produk lain.
Sebenarnya, banyak komponen yang sangat memengaruhi sebuah logo. Sebab itu, tak heran banyak perusahaan berani mengeluarkan banyak uang untuk memesan logo baru.
Olimpiade London pada 2012, misalnya, mengeluarkan uang 625 ribu dollar AS (sekitar Rp8,3 miliar) untuk mendapatkan logo.