Logo Fashion dan Kuliner Bolehkah Sama?

Agus Surono

Penulis

Logo Fashion dan Kuliner Bolehkah Sama?
Logo Fashion dan Kuliner Bolehkah Sama?

Intisari-Online.com - Tanya: Dear Bu Jessica. Perkenalkan nama saya Santy. Saya memiliki usaha dalam bidang fashion dan saat ini sedang merintis usaha bidang kuliner.

Pertama, saya ingin menanyakan ke Ibu Jessica, apakah saya perlu ganti logo atau saya bisa menggunakan logo fashion saya, karena sudah cukup banyak dikenal oleh para pelanggan.

Kedua, bagaimana kriteria logo yang baik menurut feng shui?

Terimakasih.

Santy 08178699xxx, Tangerang.

Jawab:

Dear Ibu Santy,

Dalam bisnis, feng shui digunakan untuk memilih dan menata lokasi usaha. Baik kantor, toko, gedung, mal, dan beragam bangunan lainnya. Tujuannya untuk menciptakan keharmonisan antara manusia dengan alam lingkungan sehingga akan menjadi faktor pendukung tercapainya kesuksesan usaha Anda.

Selain itu, feng shui juga diaplikasikan dalam logo usaha untuk menghasilkan kualitas yang positif dan menguntungkan. Tujuan membuat logo yang baik dan benar adalah untuk mencerminkan harapan positif yang memacu semangat seseorang atau sekelompok orang dalam berjuang meraih sukses.

Dengan memiliki gambaran untuk suatu tujuan yang dipadukan dengan tekad, kemampuan, modal dan strategi yang benar, maka arah keberhasilan akan lebih mudah dicapai. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa logo adalah doa yang tergambar karena di dalamnya terkandung visi, misi dan filosofi pemilik usaha untuk keberhasilan di masa depan.

Dengan begitu, logo menjadi bentuk paling nyata dari identitas visual perusahaan Anda. Sedangkan dari sisi lain, logo merupakan hal pertama yang muncul di benak pelanggan, mengomunikasikan kredibilitas dan citra perusahaan Anda di mata masyarakat, sekaligus merupakan faktor pembeda dengan perusahaan lainnya.

Pada dasarnya, sebuah logo dapat terdiri dari logogram, logotype, atau gabungan keduanya. Logogram adalah bagian logo yang berupa tanda/gambar yang melambangkan suatu makna, sedangkan logotype adalah bagian logo yang berupa tulisan berkarakter sesuai bahasa masyarakatnya.

Dalam feng shui nilai baik dan buruknya suatu logo tidak saja berdasarkan bentuk, warna dan komposisi yang ditampilkan, namun juga keharmonisan antara elemen pemilik dengan usaha yang dijalankan sesuai dengan rumusan lima unsur/Wu Xing.

Bidang usaha fashion termasuk dalam unsur kayu sedangkan bidang usaha kuliner termasuk ke dalam unsur api, sehingga keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Selain itu dilihat dari sisi manajemen dan komunikasi akan lebih menguntungkan apabila setiap bisnis atau merek tersebut fokus pada keunggulan masing-masing.

Selamat membuka usaha yang baru, semoga sukses selalu!

Best Regards, Jessica Diana Kartika – Konsultan Feng Shui info@fengshuiuntuklogo.com

*) Jika ada pertanyaan seputar logo dan feng shui, silakan kirim email di atas ke intisarionline@gramedia-majalah.com. Terima kasih.