Intisari-Online.com - Interbrand telah merilis peringkat Best Global Brands (merek global terbaik) untuk 2014, dan sekali lagi, dari 100 perusahaan teratas, perusahaan teknologi menempati posisi puncak. Adalah Apple yang menjadi Best Global Brands 2014 sementara Google berada di posisi kedua.
“Nilai” Apple secara global mencapai AS$118,9 miliar sementara Google bernilai AS$107 miliar.
Total ada 13 perusahaan teknologi yang berada di jajaran 100 besar Best Global Brands 2014, bahkan lima diantaranya masuk dalam 10 besar Best Global Brands 2014. Selain, Apple dan Google, lima perusahaan teknologi tersebut adalah IBM di peringkat ke-4 (AS$72,244 miliar), Microsoft di peringkat ke-5 (AS$61,154 miliar) serta Samsung di peringkat ke-7 (AS$45,462 miliar).
Berdiri di antara mereka semua adalah Coca-Cola yang masih berada di tempat ketiga. Perusahaan ini harus rela untuk “dilengserkan” Apple dan Google setelah 13 tahun berturut-turut menempati posisi teratas Best Global Brands yang dirilis Interbrand.
Perusahaan-perusahaan raksasa teknologi terlihat begitu mudah mengalahkan raksasa hiburan seperti Disney dan MTV, perusahaan mobil Mercedes Benz dan BMW, dan merek-merek mewah bernilai tinggi seperti Louis Vuitton dan Cartier.
Hegemoni perusahaan teknologi, selain Apple yang menjadi Best Global Brands 2014 serta keberadaan lima perusahaan di atas, juga muncul dalam hal merek yang menjadi Top Riser di Best Global Brands 2014. Meski hanya berada di posisi ke-29, Facebook patut berbangga diri karena berhasil menjadi Top Riser dengan peningkatan nilai merek sebesar 86%.
Interbrand mengatakan Best Global Brands ditentukan berdasarkan tiga aspek kunci, yaitu kinerja keuangan produk dan jasa perusahaan, peran merek dalam mempengaruhi pilihan konsumen, serta kemampuan merek menentukan suatu harga premium atau mengunci pendapatan untuk perusahaan.
Setujukah Anda jika Apple menjadi Best Global Brands 2014? (theverge.com)
Penulis | : | Ade Sulaeman |
Editor | : | Ade Sulaeman |
KOMENTAR