Alhamdulillah, 10 BLT Kemensos yang Masih Bisa Diklaim hingga Juli 2023, Cek Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Afif Khoirul M
Afif Khoirul M

Editor

Ilustrasi - Bantuan langsung dari kemensos.
Ilustrasi - Bantuan langsung dari kemensos.

Intisari-online.com -Untuk membantu meringankan beban masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Ada beberapa jenis bansos yang disalurkan oleh Kemensos, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Permakanan untuk Lansia dan Disabilitas Mandiri, dan lainnya.

Berikut adalah 10 BLT Kemensos yang masih bisa diklaim hingga Juli 2023, beserta syarat dan cara mendapatkannya:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada KPM dengan kategori Lansia, Anak usia dini, Ibu Hamil, Penyandang Disabilitas, Anak Sekolah SD, SMP, dan SMA Sederajat.

PKH diberikan dengan jumlah Rp 225 ribu-Rp 750 ribu per bulan. PKH disalurkan dalam empat tahap setiap tahunnya, dengan besaran bantuan yang berbeda-beda sesuai dengan kategori penerima.

Syarat penerima PKH adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos- Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)- Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)- Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS)- Memenuhi kriteria keluarga miskin dan rentan miskin

Cara mendapatkan PKH adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Dinas Sosial setempat dengan membawa KTP dan KK- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan KKS dan KIP- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek PKH adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemensos di https://kemensos.go.id/- Mengunduh aplikasi DTKS di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping PKH setempat

Baca Juga: Alhamdulillah, Barengan dengan Cuti Bersama Idul Adha, Ada BLT Rp600 Ribu Masih Terus Dicairkan

2. Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Program Sembako merupakan bantuan berupa kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warong. Program Sembako diberikan kepada KPM dengan jumlah Rp 200 ribu per bulan.

Syarat penerima Program Sembako adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DTKS Kemensos- Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)- Tidak menerima PKH

Cara mendapatkan Program Sembako adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Dinas Sosial setempat dengan membawa KTP dan KK- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan KKS- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek Program Sembako adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemensos di https://kemensos.go.id/- Mengunduh aplikasi DTKS di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping Program Sembako setempat

3. Bantuan Permakanan untuk Lansia dan Disabilitas Mandiri

Bantuan Permakanan merupakan kegiatan untuk memberikan makanan untuk para lansia dan disabilitas mandiri dua kali sehari dalam satu kali pengantaran. Bantuan Permakanan diberikan kepada lansia atau disabilitas dengan jumlah Rp 30.000 untuk dua kali makan dalam sehari.

Syarat penerima Bantuan Permakanan adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DTKS Kemensos- Memiliki Kartu Identitas Lansia (KIL) atau Kartu Identitas Disabilitas (KID)- Tidak menerima PKH- Hidup sendiri atau lansia/disabilitas tunggal

Cara mendapatkan Bantuan Permakanan adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Dinas Sosial setempat dengan membawa KTP, KK, KIL, atau KID- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan kartu anggota kelompok masyarakat (pokmas)- Menunggu penyaluran bantuan melalui pokmas setempat

Baca Juga: Alhamdulillah, BLT Ini Masih Bisa Dicairkan hingga Juli 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Cara mengecek Bantuan Permakanan adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemensos di https://kemensos.go.id/- Mengunduh aplikasi DTKS di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping Bantuan Permakanan setempat

4. Bantuan Sosial Tunai (BST)

BST merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada KPM yang terdampak pandemi Covid-19. BST diberikan dengan jumlah Rp 300 ribu per bulan selama tiga bulan.

Syarat penerima BST adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DTKS Kemensos- Tidak menerima PKH, Program Sembako, atau Bansos Provinsi/Kabupaten/Kota- Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Cara mendapatkan BST adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Dinas Sosial setempat dengan membawa KTP, KK, KIS, atau KIP- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara atau Kantor Pos- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek BST adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemensos di https://kemensos.go.id/- Mengunduh aplikasi DTKS di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BST setempat

5. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)

BLT DD merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada KPM yang tinggal di desa dan terdampak pandemi Covid-19. BLT DD diberikan dengan jumlah Rp 300 ribu per bulan selama tiga bulan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Idul Adha Besok Enggak Cuma dapat Daging Kurban, Ada BLT BPNT Siap Cair untuk Beli Beras dan Telur

Syarat penerima BLT DD adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di Data Desa setempat- Tidak menerima PKH, Program Sembako, BST, atau Bansos Provinsi/Kabupaten/Kota- Memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

Cara mendapatkan BLT DD adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Kantor Desa setempat dengan membawa e-KTP dan KK- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara atau Kantor Pos- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek BLT DD adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemendes PDTT di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemendes PDTT di https://kemendesa.go.id/- Mengunduh aplikasi SiDesa.id di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BLT DD setempat

6. Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)

BPUM merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19. BPUM diberikan dengan jumlah Rp2,4 juta per KPM.

Syarat penerima BPUM adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DTKS Kemensos atau Data Usaha Mikro Kecil (DUMK) Kemenkop UKM- Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)- Memiliki usaha mikro yang terdaftar di eform.bri.co.id- Tidak menerima kredit perbankan atau kredit usaha rakyat (KUR)

Cara mendapatkan BPUM adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Bank Himbara atau Kantor Pos dengan membawa e-KTP dan bukti usaha- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara atau Kantor Pos- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek BPUM adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemenkop UKM di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemenkop UKM di https://kemenkopukm.go.id/- Mengunduh aplikasi SiMikro di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BPUM setempat

7. Bantuan Modal Usaha (BMU)

BMU merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi Covid-19. BMU diberikan dengan jumlah Rp 6 juta per KPM.

Syarat penerima BMU adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DUMK Kemenkop UKM- Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)- Memiliki usaha mikro dan kecil yang terdaftar di eform.bri.co.id- Tidak menerima kredit perbankan atau KUR

Cara mendapatkan BMU adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Bank Himbara dengan membawa e-KTP, NPWP, dan bukti usaha- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara

Cara mengecek BMU adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemenkop UKM di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemenkop UKM di https://kemenkopukm.go.id/- Mengunduh aplikasi SiMikro di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BMU setempat

8. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

BSU merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19. BSU diberikan dengan jumlah Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Syarat penerima BSU adalah sebagai berikut:

- Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif hingga Juni 2023- Memiliki gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan- Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)- Tidak menerima BST, PKH, Program Sembako, atau Bansos Provinsi/Kabupaten/Kota

Cara mendapatkan BSU adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa e-KTP dan bukti gaji- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara atau Kantor Pos- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek BSU adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://bpjsketenagakerjaan.go.id/- Mengunduh aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BSU setempat

9. Bantuan Subsidi Gaji (BSG)

BSG merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19. BSG diberikan dengan jumlah Rp 1,2 juta per dua bulan.

Syarat penerima BSG adalah sebagai berikut:

- Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif hingga Juni 2023- Memiliki gaji di bawah Rp 5 juta per bulan- Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)- Tidak menerima BST, PKH, Program Sembako, atau Bansos Provinsi/Kabupaten/Kota

Cara mendapatkan BSG adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa e-KTP dan bukti gaji- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara atau Kantor Pos- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara atau Kantor Pos

Cara mengecek BSG adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://bpjsketenagakerjaan.go.id/- Mengunduh aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping BSG setempat

10. Bantuan Presiden (Banpres) untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (BUMK)

Banpres BUMK merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi Covid-19. Banpres BUMK diberikan dengan jumlah Rp 700 ribu per bulan selama tiga bulan.

Syarat penerima Banpres BUMK adalah sebagai berikut:

- Terdaftar di DUMK Kemenkop UKM- Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)- Memiliki usaha mikro dan kecil yang terdaftar di eform.bri.co.id- Tidak menerima kredit perbankan atau KUR

Cara mendapatkan Banpres BUMK adalah sebagai berikut:

- Mendaftar ke Bank Himbara dengan membawa e-KTP, NPWP, dan bukti usaha- Menunggu verifikasi data oleh petugas- Jika lolos verifikasi, akan mendapatkan nomor rekening Bank Himbara- Menunggu penyaluran bantuan melalui Bank Himbara

Cara mengecek Banpres BUMK adalah sebagai berikut:

- Menghubungi call center Kemenkop UKM di nomor 1500299- Mengunjungi situs resmi Kemenkop UKM di https://kemenkopukm.go.id/- Mengunduh aplikasi SiMikro di Play Store atau App Store- Menghubungi petugas pendamping Banpres BUMK setempat

Demikianlah 10 BLT Kemensos yang masih bisa diklaim hingga Juli 2023, beserta syarat dan cara mendapatkannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan bantuan dari pemerintah. Tetap semangat dan sehat selalu!

Artikel Terkait