Intisari-Online.com - Banyak dari kamu telah berpengalaman bekerja dengan orang-orang yang mengaku menjadi teman, tetapi kemudian berbalik dan meremehkan atau memutar mata mereka pada kamu di depan rekan kerja lainya. Ini lah yang disebut “frenemies”. Jenis hubungan ini dapat merusak produktivitas, reputasi, dan suasana hati di tempat kerja. Berikut ini empat cara menangani “frenemies” di tempat kerja dari pakar etiket, Jodi RR Smith, penulis The Book Etiket: Sebuah Panduan Lengkap untuk Sopan Santun Modern:
Menurut Workplace Bullying Institute (WBI), 27 persen dari pekerja Amerika melaporkan ditindas di beberapa titik dalam karir mereka dan perempuan adalah pelanggar terbesarnya. Laporan WBI menemukan, perempuan diganggu oleh perempuan lain sekitar 68 persen. Bentuk intimidasi seperti gangguan langsung, tetapi terkadang lebih halus.
1. Memahami “Frenemy”: Ini keuntungan bagi kamu mengidentifikasi “frenemies” dan waspada terhadap motif mereka sambil tetap professional. “Setelah kamu tahu jenis rekan kerja kamu, maka kamu dapat mengambil tindakan yang sesuai,”kata Smith. Tahu apa yang dapat kamu harapkan dari mereka dan kapan kamu dapat mengandalkan mereka. Bahkan jika kamu mengetahui gerakan “frenemies” dan motifnya, maka akan membuat kamu selangkah lebih maju.
2. Menciptakan Batas: Tetap menjaga masalah pribadi dari tempat kerja, terlebih jika rekan-rekan tidak membalasnya. Cobalah untuk tidak membungkuk ke level mereka. “Ambil jalan yang tinggi dan tidak kehilangan fokus pada kerja keras kamu sendiri,” Saran Smith.
3. Jujur Ketika Perlu: “Pada kesempatan, berbicara secara jujur dapat membantu hubungan,” kata Smith. Tidak masalah mengatakan bahwa kita tidak akan pernah menjadi teman terbaik, tapi saya menghormati pekerjaan kamu dan berharap ketika kita berada dalam satu tim kita bekerja melewati perbedaan-perbedaan untuk menyelesaikan pekerjaan.
4. Memahami Kapan Harus Berjalan:Ini cara terakhir dari empat cara menangani “frenemies” di tempat kerja. Pekerja cerdas tahu bagaimana untuk menyeimbangkan baik dan buruk dari lingkungan tempat kerja untuk keuntungan mereka. Akan ada selalu seseorang yang kamu tidak suka di tempat kerja atau sebaliknya rekan kerja yang tidak menyukai kamu. Namun, ketika ada banyak “frenemies” di kantor, maka kamu akan mengalami banyak stres emosional dan mulai mencari lingkungan kerja yang sehat. Maka, perlu bagi kamu memahami kapan harus berjalan jauh.
(galtime.com)
Penulis | : | Esra Dopita M Sidauruk |
Editor | : | Esra Dopita M Sidauruk |
KOMENTAR