Intisari-Online.com – Seorang ilmuwan di Universitas Cincinnati dimintai bantuan dari Museum Seni Cincinnati untuk memecahkan misteri artefak berusia 1.300 tahun.
Artefak itu berupa patung kuda penari China yang ada di museum itu terlihat begitu realistis sehingga kuda berapi-api itu tampaknya siap untuk menerjang dari alasnya.
Namun kurator seni Asia Timur Hou-mei Sung malahan mempertanyakan keaslian hiasan rumbaik di dahi patung kuda terakota yang menyerupai tanduk unicorn mitologis itu.
Kuda Menari China itu berasal dari tahun 608-907 M dari Dinasti Tang, dengan bahan dari gerabah dengan pigmen yang berada di Museum Seni Cincinnati ini merupakan hadiah dari Carl dan Eleanor Stratus tahun 1997.
Museum itu lalu menghubungi asisten profesor kimia UC College or Arts and Sciences Pietro Strobbia untuk membantu menentukan apakah rumbai itu asli dari karya tersebut.
"Banyak museum memiliki konservator tetapi belum tentu fasilitas ilmiah diperlukan untuk melakukan pemeriksaan semacam ini," kata Strobbia.
"Jumbai dahi terlihat asli, tetapi museum meminta kami untuk menentukan dari bahan apa itu dibuat."
Kemudian Strobbia dan kolaboratornya menulis tentang proyek tersebut untuk makalah yang diterbitkan dalam jurnal Heritage Science.
Sung telah melihat banyak contoh patung kuno yang memberi penghormatan kepada kuda-kuda yang menari yang dilakukan untuk kaisar sekitar tahun 202 SM.
Tetapi, tidak ada dari kuda itu yang memiliki jumbai di dahi, katanya.
Jadi, apakah mungkin ditambahkan di kemudian hari?
"Saya percaya itu adalah kesalahan. Rumbai itu tidak pada posisi yang benar," katanya.
"Potongan-potongan ini sangat tua. Mereka sering mengalami banyak perbaikan."
Disumbangkan ke museum Cincinnati oleh seorang kolektor pada tahun 1997, kuda penari itu berasal dari dinasti Tang.
Menurut Sung, patung-patung tersebut ditugaskan untuk tujuan dikuburkan bersama dengan raja saat kematian mereka.
Kuda-kuda penari dilatih untuk bergerak dalam waktu dengan tabuhan gendang.
Menurut Sung, Kaisar Xuanzong dari abad kedelapan sangat menyukai kuda sehingga dia memiliki lebih dari 40.000 kandang kuda.
Pada suatu perayaan ulang tahun, dia mengundang rombongan 400 kuda penari untuk membawakan ‘Song of the Upturned Cup’.
Pada akhir yang dramatis, seekor kuda akan menekuk lututnya, lalu mengatupkan cangkir di mulutnya dan menawarkan anggur kepada penguasa untuk mendoakannya panjang umur.
Itu menjadi sebuah ritual, menurut Sung.
Kuda terakota museum itu dibebani dengan selimut dan bahan sutra yang menjuntai di mana sanggurdi sering dipasang.
Sepuluh jumbai berbentuk kerucut menghiasi kuda dengan warna kemerahan yang sama dengan ekornya yang dipotong pendek dan surainya yang panjang.
“Pembuatan patung itu indah. Kuda-kuda ini terkenal,” kata Kelly Rectenwald, salah satu penulis makalah dan konservator objek asosiasi di Museum Seni Cincinnati.
Dengan latar belakang arkeologi dan kimia, Rectenwald mengatakan bahwa dia memahami bagaimana teknik sains terbaru membantu menjelaskan barang antik.
"Kami tidak memiliki peralatan ilmiah semacam itu di sini, jadi bermitra dengan UC merupakan sumber yang bagus," katanya.
Dan untuk menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang karya tersebut, museum setuju untuk mengizinkan Strobbia dari UC dan kolaborator seperti Claudia Conti di Institut Ilmu Warisan Italia untuk mengambil 11 sampel kecil untuk dianalisis.
"Kami menilai risikonya sepadan dengan hadiahnya untuk menjawab pertanyaan itu," kata Rectenwald.
Kemudian para peneliti mengerahkan serangkaian uji molekuler, kimia, dan mineralogi dari mahakarya itu dan fitur-fiturnya menggunakan teknik mutakhir, seperti difraksi serbuk sinar-X, kromatografi ionik, dan spektoskopi Raman.
Strobbia selalu tertarik pada seni, dikelilingi oleh karya Raphael, Michelangelo dan Bernini di Italia.
Dia dan rekan penelitiannya menemukan bahwa memang, rumbai dahi patung itu terbuat dari plester, bukan terakota.
Jadi, rumbai itu ditambahkan ke patung kuda menggunakan lem binatang.
Museum lalu memutuskan untuk melepas rumbai sesuai dengan apa yang mereka ketahui tentang karya seni asli, kata Rectenwald.
Di bawah rumbai, Rectenwald menemukan permukaan halus tanpa tanda-tanda yang mungkin terlihat di bawah hiasan pahatan.
Ini memberikan lebih banyak bukti bahwa rumbai itu adalah tambahan pada patung yang sudah ada sebelumnya.
Para peneliti juga menemukan bahwa dua jumbai lainnya diperbaiki pada waktu yang berbeda, menunjukkan bahwa patung tersebut merupakan subjek dari beberapa restorasi benteng selama berabad-abad, kata Rectenwald.
Strobbia berharap untuk memperluas pengalamannya dengan Museum Seni Cincinnati dengan menawarkan keahlian kimianya ke museum lain di Midwest dan mungkin koleksi seni UC sendiri.
Kolaborasi antara sejarawan seni dan ilmuwan memberikan dimensi tambahan pada cerita di balik mahakarya yang berharga ini.
Temukan sisi inspiratif Indonesia dengan mengungkap kembali kejeniusan Nusantara melalui topik histori, biografi dan tradisi yang hadir setiap bulannya melalui majalah Intisari. Cara berlangganan via https://bit.ly/MajalahIntisari