Selama Ini Hanya Kambing Hitamkan China Sebagai Tukang Jiplak, Amerika Rupanya Tak Jauh Beda, Jiplak Pesawat Rusia dengan Cara yang Licik Ini

Tatik Ariyani

Editor

Jet tempur F-35 Lightning II
Jet tempur F-35 Lightning II

Intisari-Online.com -Selama ini, dunia mengkambing hitamkan China sebagai si tukang jiplak dalam menciptakanpesawat-pesawat tempurnya.

Padahal, Amerika Serikat (AS) sendiri pun tak jauh beda. Hanya caranya saja yang terkesan bahwa tindakan AS itu legal.

Jet tempur siluman F-35, baik pesawat dan desainnya merupakan turunan langsung dari proyek bekas Uni Soviet yang tidak dapat diselesaikan ketika negara adidaya Komunis tersebut runtuh, yakni jet tempur Yakovlev Yak-141.

Melansir The EurAsian Times, Sabtu (21/8/2022), varian angkatan laut F-35B Short/Vertical Take-Off and Landing (SVTOL) bisa disebut turunan langsung dari Yak-141.

Perusahaan Rusia telah beralih ke Lockheed Martin pada tahun 1991 setelah pembubaran Uni Soviet untuk mendanai sekitar $350 juta ketika Rusia yang melemah mencoba untuk menormalkan hubungan dengan Washington.

Hal ini tercermin dalam nozzle vectoring tunggal yang terletak di belakang pusat gravitasi dan jet dorong yang diposisikan secara vertikal tepat di belakang mesin Yak-141 yang digunakan bersama oleh F-35B.

Desain dimulai pada tahun 1975 setelah Angkatan Laut Soviet mengontrak Yakovlev untuk mengembangkan pesawat VTOL yang mampu melakukan pertahanan udara armada.

Dipimpin oleh desainer aeronautika terkenal Alexander Yakovlev dan Yak 141-nya yang mengesankan, mereka hampir berhasil.

Mesin yang luar biasa ini memiliki empat prototipe dan memecahkan beberapa rekor dunia.

Uni Soviet pertama kali menciptakan Yakovlev Yak-36 ′Freehand' dengan empat prototipe.

Yak 38 'Forger' akhirnya memasuki produksi dan melayani Angkatan Laut Soviet dengan lebih dari 200 contoh.

Namun demikian, model ini terbatas dalam kapasitas muatan dan kinerja secara keseluruhan.

Ini sebagian karena perancang dan pabrikan pesawat Yakovlev selalu menganggap Yak-38 hanya sebagai langkah dalam mengembangkan pesawat VTOL yang canggih.

Angkatan Laut Soviet menginginkan pesawat VTOL baru untuk mengimbangi kekurangan Yak-38 – kecepatan supersonik yang berkelanjutan, kemampuan manuver, kelincahan, radar, dan muatan senjata.

Dengan tantangan teknis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam desain, lebih dari sepuluh insinyur kepala ditekan ke dalam layanan. Tantangannya adalah memberikan kinerja supersonik dan mempertahankan kemampuan dorong vektor.

Insinyur akhirnya mengadopsi konfigurasi mesin tunggal karena mesin yang hilang saat mendarat akan menyebabkan roll langsung ke samping dalam desain mesin kembar. Dengan demikian, desainer akhirnya memilih satu vektor di nosel di belakang pusat gravitasi.

Jet dorong vertikal khusus juga ditempatkan di belakang kokpit. Sebaliknya, dorongan dan pengangkatan ke depan adalah pipa jet di bagian belakang yang berputar ke atas dan ke bawah hingga 90 derajat untuk manuver VTOL – pengaturan yang nantinya akan terlihat pada F-35B.

Badan pesawat dirancang dengan konsep mesin tunggal dengan nosel melingkar di antara boom kembar, mendukung ekor sirip kembar khas yang mengangkangi kedua sisi instalasi mesin.

Bagian yang tersisa dari Yak-4 berbagi fitur dengan jet Soviet terkenal lainnya seperti Mikoyan Gurevich MiG-25 dan MiG-31. Ini adalah badan pesawat depan bersisi lempengan dengan saluran masuk udara persegi panjang, dan sayapnya yang kecil dipotong dengan sapuan yang ditandai di sepanjang tepi depannya.

Penerbangan pertama terjadi pada 9 Maret 1987, dan melayang (bartahan di udara) pertama berhasil dilakukan dua tahun kemudian, pada 29 Desember 1989.

Pada 13 Juni 1990, prototipe terakhir mencapai transisi lengkap pertama dari penerbangan vertikal ke kecepatan tinggi ke pendaratan vertikal.

Akhirnya, pendaratan berbasis kapal induk vertikal pertama dilakukan pada 26 September 1991, di atas kapal induk Laksamana Gorshkov.

Sebuah kecelakaan 5 Oktober 1991 sangat merusak salah satu prototipe.

Dan hanya beberapa bulan sebelum Uni Soviet runtuh, Angkatan Laut Soviet mengumumkan tidak ada lagi dana untuk melanjutkan program tersebut.

Varian produksi seri terakhir dengan avionik canggih dan Leading Edge Root Extensions (LERX) tidak akan pernah bisa diwujudkan.

Biro Desain Yakovlev, yang menderita di bawah tekanan ekonomi akut,kemudian mencari uang tunai.

Dan di sinilah raksasa pertahanan AS Lockheed Martin masuk, menuangkan miliaran dolar ke dalam program tersebut.

Sebuah kesepakatan ditandatangani antara keduanya pada tahun 1991, yang tidak dipublikasikan sampai tahun 1995.

Fakta bahwa Yak-141 tidak pernah memasuki produksi serial meskipun ada infus Lockheed, berarti minatnyayang sebenarnya semata-mata untuk data pengujian penting dari pengembangan dan penerbangan – untukmemahami 'tahu mengapa' di balik teknologi.

Dokumen tahun 1993 dari Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) ini mengakui bagaimana akses ke teknologi VTOL Soviet sangat penting bagi Amerika Serikat: “Perangkat keras militer yang dulunya sangat rahasia dan dasar untuk perencanaan pertahanan kami sekarang dipasarkan secara terbuka di pameran udara di seluruh dunia…Lingkungan ini mengizinkan kunjungan ke Biro Desain Yakovlev (YAK) untuk penilaian teknologi lepas landas dan mendarat vertikal/pendek (VSTOL). Yakovlev adalah satu-satunya Biro Desain FSU dengan pengalaman dalam pesawat VSTOL dan telah mengembangkan dua contoh terbang, YAK-38 'Forger' dan YAK-141′ Freestyle'.”

F-35, yang lahir dari Yak-141, kemungkinan akan menjadi ujung tombak dalam setiap operasi tempur melawan Rusia atau China.

Sejarah hanya berulang 20 tahun kemudian ketika J-20 China terungkap telah banyakkemiripan dari F-35 melalui spionase dan peretasan dunia maya.

Baca Juga: Bikin Seisi Asia Tenggara Memanas, MendadakNegara Tetangga Indonesia Ini Malah Kedatangan Sekelompok Jet Tempur dari Eropa, Benarkah Siap Gabung Amerika Untuk Gempur China?

Artikel Terkait