Intisari-Online.com - Kecelakaan pesawat yang berulang-ulang menghantui militerAmerika Serikat (AS).
Pada 9 Juni 2022, helikopter Sikorsky MH-60S Seahawk jatuh di Naval Air Field El Centro, California, sekitar pukul 6 sore.
Helikopter, yang merupakan bagian dari Helicopter Sea Combat Squadron 3 (HSC-3) yang berbasis di Naval Air Station North Island di San Diego, memiliki empat awak, menurut Angkatan Laut.
Untungnya, keempatnya ditemukan dalam keadaan hidup.
"Salah satu awak pesawat menderita cedera yang tidak mengancam jiwa dan telah dibawa ke rumah sakit setempat," menurut pernyataan Angkatan Laut, melansir The EurAsian Times, Sabtu (11/6/2022).
Helikopter MH-60S digunakan oleh Angkatan Laut AS untuk pengisian vertikal, pencarian dan penyelamatan tempur, dukungan perang khusus, dan penanggulangan ranjau udara, di antara peran lainnya.
Kecelakaan helikopter dilaporkan hanya sehari setelah MV-22 Osprey jatuh lebih dari 40 mil dari NAF El Centro, menewaskan kelima awak.
Daerah di mana kecelakaan itu terjadi adalah lokasi pelatihan penting untuk pesawat Angkatan Laut dan Marinir, terletak antara MCAS Yuma di Arizona dan berbagai instalasi di San Diego.
Pesawat Osprey ditugaskan ke Marine Aircraft Group 39 di Camp Pendleton dan merupakan anggota dari 3rd Marine Aircraft Wing yang berbasis di Marine Corps Air Station Miramar di San Diego, menurut laporan.
MV-22B Osprey jatuh di Imperial County, sekitar 30 mil sebelah utara perbatasan AS-Meksiko, sekitar pukul 12.25 waktu setempat.
V-22 Osprey adalah pesawat tempur multiperan yang menggabungkan kinerja vertikal helikopter dengan kecepatan dan jangkauan pesawat sayap tetap menggunakan teknologi tiltrotor.
“Kami berduka atas kehilangan Marinir kami dalam kecelakaan tragis ini. Kami turut berduka untuk keluarga dan teman-teman mereka saat mereka menghadapi tragedi ini,” kata Komandan Jenderal MAW ke-3 Mayor Jenderal Bradford K Gering dalam sebuah pernyataan.
Selain dua kecelakaan yang terjadi di sekitar wilayah yang sama dan hanya berselang beberapa hari, ada insiden jatuhnya pesawat lain yang mengguncang militer AS.
Sebelumnya sebuah F-16 Taiwan harus melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Daniel K. Inouye di Honolulu, Hawaii karena kerusakan roda pendaratan.
Sementara pilot lolos tanpa cedera, ini adalah ketiga kalinya gigi hidung F-16 runtuh saat mendarat dalam waktu kurang dari sebulan.
Menurut Departemen Perhubungan Hawaii, roda pendarat depan F-16A gagal digunakan saat mendekat, mengakibatkan “hard landing” (DOT). Hidung pesawat mendarat di landasan.
Pilot F-16A menggunakan kait ekor jet untuk mencoba menghentikan pesawat, yang merupakan prosedur umum dalam banyak kasus di mana stabilitas peralatan tempur Angkatan Udara dipertanyakan.
Pada 11 Mei, sebuah F-16 yang ditugaskan ke Fighter Wing ke-114 dari South Dakota Air National Guard tergelincir dari ujung Runway 15 di Joe Foss Field di Sioux Falls setelah kembali dari misi pelatihan normal.
Beberapa minggu kemudian, pada tanggal 31 Mei, peristiwa kedua terjadi ketika sebuah pesawat F-16C yang ditugaskan ke Fighter Wing ke-114 mengalami kecelakaan pendaratan serupa.
Super Hornet Angkatan Laut AS juga terlibat dalam kecelakaan fatal baru-baru ini.
Pada tanggal 3 Juni, di California selatan-tengah, sebuah F/A-18E Super Hornet Angkatan Laut jatuh di Naval Air Weapons Station China Lake.
Angkatan Laut mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa FA-18E Super Hornet jatuh di dekat Trona, sekitar 230 mil tenggara Pangkalan Udara Angkatan Laut Lemoore, California, tempat jet tempur itu berpangkalan.
Kecelakaan itu, seperti halnya Osprey, juga berakibat fatal dengan Lt. Richard Bullock dari Strike Fighter Squadron 113 (VFA-113) tewas dalam insiden tersebut.
Setelah serangkaian kecelakaan yang telah merenggut beberapa nyawa dalam beberapa minggu terakhir,Kongres AS sedang mempertimbangkan persyaratan pengetatan tentang Keamanan Penerbangan Pentagon.
Kongres ingin Pentagon melihat lebih dalam ke dalam kecelakaan pesawat militer sebagai bagian dari Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional tahun 2023.
Dengan adanya kecelakaanpesawat yang berulang-ulang tersebut,seruan semakin keras di Kongres AS untuk mengambil tindakan tegas demi keselamatan penerbangan militer.
Kantor Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks “mengajukan tanggapan sementara kepada Komisi Nasional Rencana Pelaksanaan Keselamatan Penerbangan Militer pada akhir Maret/awal April 2022, dan secara aktif mengerjakan tanggapan komprehensif, yang kemungkinan akan diteruskan ke Kongres pada akhir Agustus,” menurut pernyataan yang dirilis oleh Pentagon pada 8 Juni, Defense One melaporkan.