Intisari-Online.com - Sejak 24 Februari lalu Rusia melancarkan serangan ke Ukraina, namun hingga kini Moskow belum dapat menguasai Ukraina.
Meski kalah jumlah pada banyak hal, mulai dari jumlah pasukan hingga persenjataan, pasukan Ukrainayang dibantu warga telah menahan militer Rusia di banyak tempat.
Melalui sebuah wawancara, pilot Ukraina mengungkapkan sistem pertahanan udara yang mampu menahan pasukan Rusia.
Melansir The EurAsian Times, Senin (4/4/2022), seorang pilot MiG-29 Ukraina yang menggunakan tanda panggilan 'Juice' memberikan wawancara kepada media tentang bagaimana pesawat Ukraina dan sistem pertahanan udara telah berhasil menahan Rusia selama lebih dari sebulan sekarang.
Angkatan Udara Ukraina telah berhasil melakukan ini dengan pesawat tempur MiG-29 dan Su-27.
Sementara MiG digunakan untuk misi pertahanan udara dan darat, Su-27 terutama digunakan untuk misi udara-ke-udara.
Su-27 adalah aset pertahanan udara yang lebih kuat, namun kerugian awal unit pesawat telah menyusutkan ukuran armada, yang selalu lebih kecil dari armada MiG-29.
Sebuah misi pertahanan udara khas dari MIG-29 melibatkan patroli suatu daerah untuk mencari ancaman udara, 'berburu bebas' atau kadang-kadang hanya mendorong pesawat musuh di luar daerah tersebut.
“Jika mereka menangkap kami di layar mereka, terutama jika kami memiliki beberapa orang yang berpatroli di daerah itu, mereka tidak ingin mendapat masalah. Jadi, kami mendorong mereka dari area ini,” jelas Juice dalam wawancaranya.
Selain pesawat berawak Rusia, MiG juga bertugas menetralisir drone dan rudal jelajah yang sulit dideteksi.
Namun, Juice menganggap pertahanan udara berbasis darat (GBAD) lebih efektif melawan mereka.
“Saya pikir pertahanan udara darat jauh lebih mampu melawan mereka. Mereka memiliki banyak rudal jelajah pembunuh setiap harinya. Drone juga merupakan masalah besar bagi kami, tetapi saya pikir ini adalah masalah yang jauh lebih besar bagi mereka, Bayraktar kami jauh lebih mampu daripada UAV mereka,” kata Juice.
Pesawat tempur berawak seperti MiG bekerja sama dengan unit GBAD untuk membentuk jaringan pertahanan udara berlapis yang melibatkan sektor-sektor yang dipisahkan menjadi zona keterlibatan yang berbeda untuk pesawat tempur dan GBAD untuk mencegah tembakan ramah dan juga pesawat tempur berawak dapat mencoba dan mendorong pesawat Rusia ke zona membunuh GBAD di mana "yang lebih bodoh" kemudian dapat diambil, Juice menjelaskan.
Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa dekade dunia menyaksikan perang konvensional skala besar yang juga mencakup wilayah udara dan banyak pilot muda seperti Juice tidak memiliki pengalaman tempur.
Pilot tua yang telah mengambil bagian dalam pertempuran selama puncak pertempuran pada tahun 2014 di wilayah Donetsk timur dan Luhansk sebelum penandatanganan perjanjian Minsk telah berbagi pengetahuan mereka dengan lulusan baru yang bergabung dengan angkatan udara.
Pelatihan sejak 2014 telah menekankan taktik yang fleksibel dan menjaga pesawat bergerak dari satu lapangan terbang ke lapangan terbang lainnya dan menerbangkan jalur penerbangan yang sulit untuk mengurangi kemungkinan musuh menangkap mereka di darat sebagai bagian dari upaya larangan udara mereka.
“Mereka memiliki pengalaman yang cukup menarik. Tentu saja, kami menggunakannya selama pelatihan kami: penerbangan ketinggian rendah, menggunakan lapangan terbang alternatif, dll,” kata Juice, dari veteran tempur lama.
Pilot Ukraina juga memiliki beberapa pengalaman dengan skenario konflik intensitas tinggi skala besar dari pelajaran yang dipetik dari Angkatan Udara AS, terutama selama rangkaian latihan 'Clear Sky' pada tahun 2018 yang merupakan latihan multinasional bersama pertama yang diselenggarakan oleh Ukraina.
Selama Clear Sky, MiG-29 dan Su-27 bertanding dengan F-15C dari Sayap Tempur ke-144 Pengawal Nasional Udara California di mana F-15 meniru taktik dan kinerja pesawat tempur Su-30 dan Su-35S Flanker Rusia.
F-15 yang mengambil bagian dalam manuver ini lebih tua dari MiG Ukraina, mereka telah sangat dimodernisasi dan dianggap jauh lebih mampu daripada MiG-29 dan Su-27 Ukraina yang hanya mengalami peningkatan sederhana dan sedikit demi sedikit.
Meski begitu, pilot Ukraina "terkadang cukup sukses, hanya menggunakan fleksibilitas dan pembuatan keputusan non-standar kami," kenang Juice.
“Kami melakukan banyak (manuver pesawat tempur dasar) dengan F-15C kami melawan MiG-29 dan Su-27 mereka dan sejujurnya kami dapat langsung tahu bahwa pilot mereka sangat bagus. Mereka sangat inventif secara taktis, mereka tahu badan pesawat mereka dan juga memahami kekurangan mereka. Maksud saya, mereka menerbangkan jet tua. F-15 kami misalnya adalah badan pesawat lama, tetapi mereka terus ditingkatkan dengan avionik baru,” pensiunan Jonathan 'Jersey' Burd, perencana utama untuk latihan Clear Sky 2018 kepada The War Zone.
Lebih dari itu, pilot Ukraina mendapat pemahaman yang jauh lebih baik tentang pola pikir pilot pesawat tempur NATO melalui berbagi metode untuk mengalahkan taktik Rusia yang telah membuat perbedaan besar bahkan setelah satu bulan, pasukan Rusia belum mampu mendominasi wilayah udara Ukraina.
Baca Juga: Titik Pijat Perut Kembung dan Mual, Cukup Lakukan Sendiri 2 Menit!
Berbagai taktik dan teknik yang digunakan oleh Angkatan Udara Ukraina dalam perang ini tetap diklasifikasikan karena alasan yang jelas, tetapi tentu saja perang telah mengatur ulang bar pada berbagai doktrin dan dogma pertempuran udara yang mapan.
“Ukraina mendefinisikan perang modern,” kata Jersey kepada Coffee or Die.
“Gagasan, asumsi, dan taktik apa pun yang kami yakini telah ditetapkan, dilakukan oleh negara yang sudah lama tidak menghadapi ancaman sesama,” tambah Jersey. “Biar saya perjelas, kami melatih pilot Ukraina sebagai ahli, tetapi tidak ada pengganti untuk pertempuran udara. Mereka adalah ahlinya sekarang.”
Sementara itu, Angkatan Udara Rusia sejauh ini menggunakan pesawat Su-30 dan Su-35S untuk hampir semua misi udara-ke-udara mereka.
Dari jumlah tersebut, Juice menganggap Su-35 sebagai yang paling berbahaya karena radarnya yang kuat dan rudal udara-ke-udara jarak jauh R-77-1 dengan pencari radar aktif yang memungkinkan kemampuan 'tembak dan lupakan' yang tidak ada di gudang senjata Ukraina.
“Ini sangat mampu, sayangnya bagi kami,” kata Juice dari R-77-1. “Kurangnya tembakan dan rudal yang terlupakan adalah masalah terbesar bagi kami. Bahkan jika kami memilikinya, radar kami tidak dapat memberikan jarak yang sama (seperti pesawat tempur Rusia).”
Juga, perbedaan antara jumlah pesawat Rusia dan Ukraina merupakan masalah besar bagi Ukraina.
“Kadang-kadang mereka hanya mencoba melelahkan kita,” kata Juice, “terbang di dekat perbatasan untuk membuat kami berebut, hanya untuk menghabiskan tenaga kami dengan penerbangan malam yang bodoh ini.” Dengan keuntungan besar dalam jumlah besar, taktik ini masuk akal bagi Rusia, karena jet Ukraina hanya bisa berada di satu tempat setiap saat.
Selain itu, pihak Rusia juga memiliki keunggulan dalam misi udara-ke-udara “karena terkadang satu lawan 12 atau dua lawan 12,” jelas Juice. “Mereka memiliki keuntungan dari kesadaran situasional, jangkauan radar, jangkauan rudal, prinsip-prinsip (panduan) rudal, dan peperangan elektronik, dan mereka masih mengirim begitu banyak jet untuk melawan satu MiG.”