Cara Mengatasi Perasaan Tak Dihargai di Tempat Kerja (1)

Esra Dopita M Sidauruk

Editor

Cara Mengatasi Perasaan Tak Dihargai di Tempat Kerja (1)
Cara Mengatasi Perasaan Tak Dihargai di Tempat Kerja (1)

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah merasa bahwa kerja keras yang Anda lakukan tidak mendapatkan penghargaan yang layak? Bersabarlah. Tidak dihargai di tempat kerja memang lebih menyakitkan daripada gaji kecil. Namun, tak perlu merasa berkecil hati atau sedih. Berikut ini adalah tujuh cara mengatasi perasaan tak dihargai di tempat kerja:

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Sejumlah penelitian menyebut, perasaan kurang dihargai dapat menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang rendah diri atau depresi. Oleh karena itu, mereka yang mengalami hal itu untuk segera meninggalkan pikiran negatif tersebut. Cobalah, berpikir bijak, menghargai apa yang dimiliki, dan bersyukur sepenuh hati.

2. Jadilah diri sendiri

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menciptakan lebih banyak rasa tidak aman. Demi mencapai ketenangan pikiran, Anda perlu meninggalkan hal itu. Cobalah untuk melihat diri Anda lebih dalam, yang dapat membantu menjadi pribadi lebih baik dan profesional. Pada akhirnya Anda akan memahami bahwa gaya kerja setiap orang berbeda-beda. Selain itu, juga memahami ada beberapa hal yang bisa dicapai dan tidak di tempat kerja.

3. Bangun hubungan

Cobalah ceritakan hal-hal yang tak mengenakan di tempat kerja kepada rekan kerja yang dapat Anda percayai. Selain itu, mempertahankan hubungan dekat dengan setidaknya dua rekannya di tim Anda. Menjadi egois dan berpikir berlebihan bisa juga menjadi hal-hal yang menyebabkan perasaan kurang dihargai. Bergerak erat dengan tim dan terbuka untuk melakukan tugas bersama-sama.

4. Bekerja pada kekuatan dan kelemahan

Sering mencatat kinerja dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan dan kekurangan yang dimiliki. Kemudian, tetapkan tujuan secara berkala. Hal itu dapat membuat Anda kembali tersenyum.

(TimesofIndia)