Intisari-Online.com - Pada 4 Januari 2022 lalu, seorang pilot jet tempur F-35 Korea Selatan terpaksa melakukan 'pendaratan perut' selama pelatihan.
Hal itu dilakukan karena kesalahan dalam sistem avionik F-35 tersebut.
CNN melaporkan mengutip para ahli bahwa 'pendaratan perut'- mendarat dengan roda pendarat ditarik - adalah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pesawat tempur siluman Lockheed Martin, yang saat ini digunakan oleh AS dan sekutunya.
Pesawat senilai $ 100 juta itu mendarat di landasan pacu di pangkalan angkatan udara di Seosan sekitar pukul 12.51 waktu setempat, Kantor Berita Yonhap melaporkan.
Roda pendarat tidak berfungsi karena kesalahan teknis dalam sistem avionik.
Hal itu mengharuskan pilot untuk mendaratkan pesawat dengan roda pendarat, kata para pejabat.
Pilot berhasil menyelamatkan diri tanpa cedera.
Sebelum mendarat, Angkatan Udara mengirimkan mobil pemadam kebakaran untuk menyemprotkan busa khusus di landasan, yang dapat mencegah kerusakan besar pada badan pesawat.
Ini adalah kasus pendaratan perut F-35 pertama yang diketahui sejak Amerika Serikat mulai mengekspor pesawat tempur generasi kelima ke negara-negara mitra, menurut laporan media.
Seorang pejabat Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan kepada Stars and Stripes, “Roda pendaratannya seharusnya turun, tapi ternyata tidak. Jadi, itu mendarat di perutnya. Jenis pendaratan ini menimbulkan berbagai risiko, tidak hanya untuk pesawat tetapi juga untuk pilot, tetapi dalam hal ini, pilot keluar dari pesawat.”
Setelah melakukan penyelidikan awal bersama dengan AS, Angkatan Udara Korea Selatan mengumumkan bahwa pendaratan perut tersebut disebabkan karena serangan burung di mesin kirinya, melansir The EurAsian Times, Minggu (17/1/2022).
Penyelidikan lanjutan atas penyebab sebenarnya dari kecelakaan itu akan dilakukan.
Angkatan Udara juga menyatakan bahwa tim ahli AS akan mengunjungi Korea Selatan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas elemen teknis insiden tersebut.
Penyelidikan yang akan dilakukan termasuk mengapa sistem elektronik penerbangan dan roda pendarat gagal, lapor Kantor Berita Yonhap.
Angkatan Udara lebih lanjut meminta agar media lokal menghindari pelaporan cerita "pemicu spekulasi" tentang penyebab pendaratan perut, mungkin karena sensitivitas situasi, karena beberapa negara lain mengoperasikan model pesawat siluman canggih ini.
Insiden serupa pada jet tempur F-35 sebelumnya juga pernah terjadi.
Pada 2019, sebuah jet tempur F-35, yang ditugaskan ke Skuadron Serangan Tempur Laut 121 yang berbasis di Jepang, bertabrakan dengan seekor burung saat lepas landas.
Meskipun rincian kerusakan tidak diungkapkan, otoritas militer mengkategorikan tabrakan itu sebagai “Kelas A,” yang berarti jet tempur F-35B menderita kerusakan setidaknya senilai $ 2 juta.
Pada tahun 2018, peristiwa serupa terjadi dengan F-35A, meskipun tidak ada kerusakan yang dilaporkan.
Menurut program Partners in Flight Departemen Pertahanan, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Korps Marinir mencatat hingga 3.000 serangan burung setiap tahun, yang disebut sebagai “Burung/Suaka Margasatwa Aircraft Strike Hazard” (BASH).
Sebagian besar dampak ini menyebabkan sedikit kerusakan pada pesawat atau cedera pada awak, tetapi sejumlah kecil menyebabkan kerusakan yang signifikan.
Menurut Kantor Urusan Publik Sayap Bom ke-28 di Pangkalan Angkatan Udara Ellsworth, serangan burung menewaskan 36 penerbang Amerika, menghancurkan 27 pesawat Angkatan Udara AS, dan menelan biaya sekitar satu miliar dolar antara 1985 dan 2016.