Advertorial
Intisari-Online.com -Pada 11 Januari 2022 lalu, jet tempur F-16V (Viper) Taiwan yang baru saja dimodifikasi hilang selama misi pelatihan di atas laut.
Menurut angkatan udara Taiwan, pesawat tempur F-16V kehilangan kontak dengan pangkalan udara di Taiwan barat daya.
Jet F-16V jatuh ke perairan timur pulau tak lama setelah lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Chiayi.
Kecelakaan itu terjadi selama latihan untuk meniru serangan udara-ke-darat dengan kecepatan tinggi, yang merupakan bagian sulit dari program untuk pilot yang tidak berpengalaman, menurut SCMP.
Menurut saksi mata, jet itu jatuh ke air dekat Aogu Wetland di Kotapraja Dongshi Chiayi.
Seorang juru bicara kantor kepresidenan Taiwan memverifikasi berita tersebut, mengatakan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah dilakukan, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh The EurAsian Times.
Saat ini, Taiwan telah menangguhkan semua pelatihan tempur setelah kecelakaan itu.
F-16 Viper yang mengakibatkan kecelakaan mengerikan baru saja dilantik lebih dari sebulan yang lalu dan dilaporkan telah mengejar dan menghadapi pesawat tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) yang secara teratur memasuki wilayah udara Taiwan.
F-16 Viper yang hilang merupakan salah satu dari 141 pesawat tempur F-16A/B yang dikonversi ke F-16V saat ini sebagai bagian dari kesepakatan senilai $4 miliar antara angkatan udara Taiwan dan produsen pesawat Taiwan Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC) dengan perusahaan pertahanan AS, Lockheed Martin.
Pada November 2021, Angkatan Udara Republik China menerima 64 pesawat F-16V “Viper” canggih.
Setelah kecelakaan jet tempur F-16 Viper Taiwan, beberapa pertanyaan muncul tentang kemungkinan faktor China di baliknya.
Menurut pengamat, jatuhnya salah satu jet tempur paling canggih Taiwan selama latihan rutin menunjukkan masalah dengan pelatihan pilot dan kelelahan dalam menanggapi serangan mendadak PLA China, melansir The EurAsian Times, Kamis (13/1/2022).
Pilot F-16V, Chen Yi, dilaporkan menyalakan tombol speaker selama penerbangan, yang membatasi komunikasinya dengan komando udara, menurut penilaian awal.
Analis militer dan veteran angkatan udara percaya bahwa dia salah mengira tombol tersebut sebagai kunci perlambatan, media Taiwan melaporkan.
"Angkatan udara Taiwan perlu menyesuaikan program dan standar pelatihannya untuk mengimbangi daratan (China)," Andrei Chang, pemimpin redaksi Kanwa Defense Review yang berbasis di Kanada.
Menurut angkatan udara, Chen, pilot yang hilang, memiliki lebih dari 300 jam waktu terbang, termasuk 60 jam di F-16V.
Baca Juga: Alasan Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut sebagai Kerajaan Maritim
Lu Li-Shih, mantan instruktur di Akademi Angkatan Laut Taiwan, mengatakan pilot mahasiswa angkatan udara Taiwan tidak akan berpartisipasi dalam latihan semacam itu sampai mereka mencatat lebih dari 100 jam waktu penerbangan.
Pilot dengan pengalaman lebih sedikit, di sisi lain, harus melangkah dalam menghadapi serangan udara China yang meningkat ke ADIZ pulau itu.
“Kecelakaan itu seharusnya disalahkan pada kurangnya pilot yang tersedia untuk memenuhi permintaan dari semakin banyaknya jet tempur yang akan dibeli Taipei dari Amerika Serikat – pilot muda didorong untuk meningkatkan pelatihan,” kata Lu.
Taiwan telah menugaskan jet F-16 Viper di bawah program peningkatan dengan Lockheed Martin untuk melawan tantangan PLAAF China.
Gangguan berulang-ulang China bersama dengan pernyataannya mengenai reunifikasi menimbulkan ancaman terbesar bagi keamanan Taiwan dalam beberapa dekade.
Pesawat-pesawat tempur China memasuki ADIZ Taiwan secara teratur.
Menurut Taiwan News, baru-baru ini sembilan jet tempur China dan dua pesawat pengintai memasuki ruang udara.
Pesawat militer China memasuki ADIZ Taiwan 961 kali dalam 239 hari, Liberty Times mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Nasional (MND).
Kelelahan dan kurangnya pelatihan pada pilot yang menerbangkan Viper disorot oleh analis militer sebagai salah satu alasan di balik kecelakaan itu.
Tekanan yang ditimbulkan oleh urgensi untuk menangkal ancaman China telah menjadi satu-satunya dasar dari sebagian besar serangan mendadak di Taiwan.
Dalam menghadapi ancaman yang meningkat dan pilot yang lebih sedikit untuk menerbangkan pesawat yang baru dilantik, kelelahan dan stres pada pilot menjadi jelas.
Pilot kadet mengoperasikan pesawat generasi sebelumnya seperti F-5E, yang memiliki sistem kontrol penerbangan yang sangat berbeda dari F-16 modern, menurut Lu, dan pilot yang lebih muda membutuhkan pelatihan tambahan untuk melakukan perubahan, kata SCMP.
Ben Ho, seorang peneliti kekuatan udara dari program studi militer di S Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan “penerbangan pengepungan” PLA di Taiwan telah menjadi lebih sering dalam beberapa bulan terakhir.
Hal itu membuat pasukan angkatan udara pulau itu kelelahan dan menyebabkan tingkat perawatan yang dibutuhkan F-16 berkurang.