Intisari-Online.com – Terdapat lebih dari 3.000 suku di benua Afrika, tetapi suku Hadza Tanzania termasuk dalam kategori mereka sendiri.
Secara genetik, mereka terisolasi dari sebagian besar kelompok lain.
Bahasa berbasis klik mereka tidak terkait erat dengan bahasa lain.
Sekitar seperempat dari seribu anggota mereka masih hidup dengan cara lama yaitu sebagai pemburu-pengumpul.
Mereka mengumpulkan buah beri dan menggali umbi-umbian, berburu binatang dengan panah beracun dan terus berpindah dari satu kamp ke kamp yang lain.
Para arkeolog percaya bahwa orang-orang yang sangat mirip dengan suku Hadza telah hidup di tanah yang sama sejak Zaman Batu.
Ketika Christopher Wilson hendak memotret anggota suku yang terpencil ini, dia dan pemandunya harus berkendara di luar jalan raya melalui hamparan tanah yang kasar dan gersang.
Setelah berkeliaran dengan berjalan kaki, mereka akhirnya mencapai sebuah perkemahan dan mendirikan studio darurat di tempat itu.
Anggota suku itu membantu mereka mengangkat tendanya.
Wilson memiliki pengalaman yang sangat berbeda ketika memotret dua suku Tanzania lainnya.
Suku Masai adalah penggembala sapi yang mudah ditemukan.
Mereka tinggal di desa-desa mapan di dekat tempat-tempat wisata utama.
“Kami memotret mereka di gereja batu bara,” kata Wilson, melansir Smithsonianmag.
“Seluruh desa tertawa dan melihat ke dalam melalui jendela.”
Seperti halnya Masai, suku Barabaig, adalah suku ketiga yang difoto oleh Wilson, merupakan pendatang yang relatif baru di daerah tersebut.
Kedua kelompok ini berasal dari wilayah Nil dan sudah lama meninggalkan cara berburu-mengumpul.
Sekarang, mereka memelihara ternak dan menanam tanaman mereka sendiri.
Keluarga terkaya memiliki beberapa ribu ekor sapi, yang kemudian dibagi di antara banyak anak laki-laki di wilayah yang luas.
Bila laki-laki di suku Hadza digambarkan sebagai monogami, maka suku Masai dan Barabaig, mungkin memiliki sebanyak sepuluh istri.
Namun, ketiga suku tersebut menghadapi ancaman eksistensial.
Suku Hadza telah kehilangan 90 persen wilayah jelajah mereka selama seabad terakhir, sebagian besar karena suku lain.
Cagar alam buruan telah membuka lahan di mana suku Masai dan Barabait merumput hewan mereka.
Pemerintah mengeluarkan undang-undang yang melarang suku-suku menanam tanaman di dekat Kawah Ngorongoro, tujuan safari yang populer.
Prajurit suku juga mengalami masalah ketika mereka menyerang singa.
Pembunuhan ini dilarang oleh hukum Tanzania, tetapi mereka mendapatkan status laki-laki di dalam suku mereka, ketika binatang buas mengancam ternak mereka.
Suku Tanzania memiliki lebih banyak otonomi daripada kebanyakan penduduk asli, menurut sebuah penelitian.
Ketika kelompok payung analisis data LandMark melihat hak atas tanah di 131 negara, Tanzania adalah salah satu dari lima negara yang mendapatkan skor tertinggi di sepuluh indikator yang berbeda, temasuk pengakuan hukum, otoritas atas batas, dan akses ke kayu dan air.
Itu karena sebagian besar Tanzania tidak mengizinkan kepemilikan tanah pribadi di luar daerah perkotaan.
Bangunan pedesaan miliki semua warga negara yang sama, dan suku-suku sebagian besar bebas untuk menegosiasikan batas-batas di antara mereka sendiri.
Foto-foto Wilson menggambarkan kelompok-kelompok ini pada aat mereka masih dapat hidup seperti nenek moyang mereka, menggembala ternak, berburu untuk buruan, atau berpindah dari kamp ke kamp di antara pohon-pohon baobab kuno.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari