Intisari-Online.com - Banyak hal tentang Mesir Kuno yang menggugah rasa ingin tahu para peneliti.
Perlakuan 'aneh' terhadap beberapa mumi Mesir Kuno, dengan adanya cairan hitam yang melapisi mumi-mumi tersebut salah satunya.
Mumi-mumi itu berasal dari Dinasti ke-19 hingga ke-22, antara 1.300 dan 750 SM. Seperti yang ada pada mumi bernama Djedkhonsiu-ef-ankh, seorang pendeta dewa matahari Amun.
Ia dimumikan, kemudian dibungkus dengan linen halus dan dijahit ke dalam kotaknya setelah dia meninggal hampir 3.000 tahun yang lalu.
Lukisan yang rumit dan berwarna cerah ditambahkan ke bahan dan daun emas berkilauan ditempatkan di wajahnya, sebelum ia diposisikan di dalam peti mati kayu yang lebih besar.
Tetapi, di atas berbagai kemewahan tersebut, cairan hitam pekat dituangkan, mengaburkan cat mahal dan kilau emas.
Mengapa dan bagaimana cairan hitam itu dituangkan di atas mumi tersebut selama ribuan tahun menjadi misteri.
Melansir dailymail.co.uk (21/5/2020), analisis oleh British Museum mengungkapkan misteri dibalik pembuatan zat hitam itu, dan menjelaskan tujuannya.
Soal tujuannya, itu dikaitkan dengan kepercayaan orang Mesir Kuno terhadap dewa-dewa.
Diungkapkan pula jika cairan itu hanya ditemukan pada mumi-mumi tertentu.
Peneliti memperkirakan orang Mesir Kuno menggunakan cairan yang berwarna hitam itu untuk melambangkan kelahiran kembali dan regenerasi melalui Dewa Osiris.
"Osiris disebut 'yang hitam' dalam berbagai teks pemakaman dan sering digambarkan dengan kulit hitam dan dengan kedok tubuh mumi," kata Dr Kate Fulcher, asisten peneliti di departemen penelitian Ilmiah Museum.
Osiris adalah dewa yang dikisahkan dalam mitologi Mesir sebagai Penguasa Dunia Bawah Mesir dan Hakim Orang Mati.
Selain itu, hitam juga merupakan warna yang terkait dengan endapan aluvial di tepi Sungai Nil setelah banjir tahunan surut.
"Oleh karena itu dapat beralasan bahwa praktik melapisi peti mati dengan goo hitam menghubungkan peti mati dengan regenerasi yang terkait dengan Osiris."
Cairan itu juga disebut memiliki efek mengikat satu peti mati dengan kuat di dalam peti mati lainnya, tetapi tidak jelas apakah ini juga dimaksudkan untuk membantu menangguhkan perampok makam.
Sementara bukti menunjukkan bahwa zat tersebut mungkin tidak tersedia untuk semua orang, dan terbatas pada elit sosial tertentu.
Ember penuh zat itu ditemukan di makam Tutankhamun, sejak dibersihkan, dan paling sering ditemukan pada mumi dari Periode Menengah Ketiga (1069 hingga 664 SM).
Fulcher menyarankan bahwa itu mungkin hanya karena ahli sejarah Mesir telah menemukan lebih banyak peti mati dari periode waktu tersebut.
Untuk mengungkapkan bagaimana pembuatannya, sebanyak 100 sampel cairan hitam yang disebut 'black goo' itu diambil dan diuapkan dalam proses yang disebut Kromatografi Gas -Spektrometri Massa.
Cairan itu kemudian didorong melalui tabung yang sangat tipis dan panjang untuk memisahkan molekul, dan ditempatkan ke dalam spektrometer massa sehingga mereka dapat diurutkan berdasarkan massa.
Ditemukan apa saja kandungan dalam cairan misterius tersebut.
"Kami menemukan bahwa goo terbuat dari kombinasi minyak tumbuhan, lemak hewani, resin pohon, lilin lebah dan bitumen -yang merupakan minyak mentah padat," kata Fulcher.
"Bahan-bahan yang tepat bervariasi dari satu peti mati ke peti mati berikutnya, tetapi goo selalu dibuat dari beberapa ini," katanya.
Dia juga mengatakan mungkin ada bahan lain dalam zat hitam, tetapi ini tidak dapat dideteksi lagi karena telah terdegradasi.
Goo juga telah ditemukan diterapkan hanya pada wajah mumi, kotak berisi shabtis dan patung-patung kayu seperti babon.
Sementara makam Tutankhamun yang juga berisi patung-patung yang diselimuti cairan hitam yang mengeras belum dianalisis.
Selain itu, penggalian di Amara West, Sudan, juga mengungkapkan 'black go' di dalam sebuah makam yang berasal dari tahun 1100 SM.
Itu adalah pertama kalinya tercatat di wilayah yang saat itu dikenal sebagai Nubia, yang berada di bawah kendali Mesir dari tahun 1548 hingga 1086 SM.
Aspal yang digunakan juga telah melakukan perjalanan dari Laut Mati, sekitar 1.500 mil jauhnya, membuktikan perdagangan kuno zat tersebut.
Ditemukan pada pecahan tembikar yang pecah, pecahan peti mati dan potongan linen yang mungkin digunakan untuk membungkus mumi.
Soal pemindaian peti mati tertutup Djedkhonsiu-ef-ankh, mengungkapkan mayat itu masih di dalam dan tidak mengalami kerusakan signifikan.
(*)