Intisari-Online.com – Iklan pertama di televisi Inggris muncul pada tanggal 22 September 1955.
Ditayangkan pada pukul 8.12 malam selama siaran dari Guildhall London saat makan malam untuk merayakan peluncuran hari itu dari jaringan Televisi Independen (ITV).
Sampai saat itu, tidak terbantahkan bahwa BBC-lah yang memonopoli penyiaran.
Di bawah payung Otoritas Televisi Independen, empat perusahaan besar, yaitu Granada, ABC, ATV, dan Associated-Rediffusion, mulai menantang supremasi BBC.
Salah satu target pertama mereka adalah “Gencatan Senjata Balita”, yaitu pengaturan yang ditetapkan di mana semua siaran televisi dilarang antara pukul 18.00 dan 19.00 sehingga orang tua dapat lebih mudah menidurkan anak-anak mereka!
Gencatan senjata berarti bahwa BBC, yang pada waktu itu didanai, seperti sekarang, dengan biaya lisensi televisi, dapat menghemat uang dengan mengurangi jam siarannya.
Sementara, perusahaan independen yang masih muda, terpukul oleh hilangnya pendapatan iklan satu jam setiap hari dan mereka berjuang untuk penghapusan kebijakan tersebut.
BBC tidak akan menyetujuinya, juga tidak akan setuju untuk mengurangi gencatan senjata menjadi 30 menit.
Pada akhirnya seorang politisi senior menyelesaikan perselisihan tersebut.
Jabatan menteri Postmaster General yang sekarang sudah tidak ada lagi, dipegang oleh Charles Hill yang bertanggung jawab termasuk penyiaran.
Dia berkata tentang "Gencatan Senjata Balita", "Pembatasan ini bagi saya tampak tidak masuk akal dan saya berkata begitu. Adalah tanggung jawab orang tua, bukan negara, untuk menidurkan anak-anak mereka pada waktu yang tepat. Saya mengundang BBC dan ITA untuk menyetujui penghapusannya.”
Ketika tidak ada kesepakatan yang tercapai, Hill membawa masalah ini ke Parlemen dan anggota parlemen memberikan suara untuk penghapusan pada Oktober 1956.
Keduanya mulai memperdebatkan tentang tanggal, meninggalkan Hill untuk memilih Sabtu 16 Februari 1957.
Iklan TV pertama itu untuk pasta gigi Gibbs SR, produk yang digambarkan sebagai “sensasi kesemutan segar”.
Untuk memperkuat pesan tersebut, iklan tersebut menunjukkan tabung pasta gigi yang tertutup balok es dalam aliran yang berkilauan.
Presenter TV Alex Macintosh mengumumkan, "Pasta gigi segar yang menggelitik yang juga baik untuk gusi Anda. Rasanya segar sekali. Segar seperti es. Ini pasta gigi Gibbs SR."
Iklan itu bukan hanya iklan TV pertama, tetapi juga iklan pertama yang menggunakan tipu daya.
Brian Palmer, saat itu seorang eksekutif periklanan berusia 26 tahun yang menulis dan memproduksinya, mengakui bertahun-tahun kemudian bahwa meskipun balok es digunakan dalam pemotretan jarak jauh, "es" itu sebenarnya adalah plastik.
“Lampu yang mereka gunakan pada masa itu memang sangat panas, dan es akan mencair dengan sangat cepat, jadi kami menggunakan balok plastik untuk close-up,” katanya.
'SR' dalam nama pasta gigi mengacu pada natrium risinoleat, bahan aktifnya, yaitu garam natrium dari asam risinoleat, asam lemak utama yang berasal dari minyak jarak.
Meskipun namanya diubah pada 1990-an menjadi Mentadent SR, produk ini terus dipasarkan ke seluruh dunia oleh pemiliknya, Unilever, hingga 2018 ketika dihentikan.
Munculnya iklan TV pada tahun 1955 menyebabkan protes oleh para pemimpin gereja, guru, akademisi dan politisi, beberapa dari mereka mengutuknya sebagai “kasar dan vulgar.”
Melansir onthisday, anggota parlemen dari Partai Buruh John Wilmot melangkah lebih jauh.
Dia menyatakan di Parlemen bahwa "racun malam dari iklan yang meningkatkan penjualan barang ke kelas pekerja bertentangan dengan kepentingan nasional".
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari