Intisari-Online.com – Pada puncak kariernya yang panjang, seorang ‘motivator’ mungil Martha Matilda Harper mengawasi sekitar 500 salon rambut di seluruh negeri di Kanada, dan di seluruh Eropa yang mempromosikan metode perawatan rambut Harpernya.
Sebagai seorang anak miskin yang terikat kontrak di Ontario, Kanada, ia tumbuh menjadi seorang pengusaha wanita perintis di Rochester, New York.
Meskipun bukan wanita Amerika pertama yang menghasilkan banyak uang dalam perawatan rambut, Harper menciptakan salah satu waralaba bisnis paling awal di Amerika Serikat, sambil memperbesar peluang bagi wanita untuk mengendalikan kehidupan ekonomi mereka.
Dia membangun sebuah kerajaan yang berkembang, kemudian mendekam dilupakan sampai tahun 2000, ketika penduduk Rochester Jane Plitt menerbitkan Martha Matilda Harper dan American Dream: How One Woman Changed the Face of Modern Business.
Dalam bukunya, Plitt mencatat secara rinci bagaimana Harper mendirikan salah satu salon rambut komersial pertama untuk wanita, menciptakan kursi malas, mengelola bisnis yang berkembang selama beberapa dekade, dan menemukan inspirasi dalam agama baru Christian Science.
Lahir pada tahun 1857, Harper adalah anak keempat dari penjahit egois di sebuah desa di luar Oakville, Ontario.
Dia berusia tujuh tahun ketika ayahnya mempekerjakannya untuk kerabat yang tinggal 60 mil jauhnya, dan pada usia 12 tahun dia bekerja untuk dokter setempat yang memiliki lini tonik rambutnya sendiri.
Gadis itu menghabiskan hampir satu dekade di rumah tangga itu dan pada tahun 1882, tidak lama setelah kematian majikannya, ia meninggalkan Kanada menuju Rochester, New York, membawa formula tonik rambut almarhum majikannya.
Di Rochester dia bekerja di rumah pasangan lansia. Pada tahun 1887 ia mulai memproduksi dan memasarkan tonik tersebut.
Didorong oleh pasangan tersebut, yang tetap menjadi sistem pendukungnya selama beberapa dekade, Harper pada tahun 1888 membuka salon yang mengkhususkan diri pada perawatan rambut dan kulit wanita, jendela depannya bertuliskan gambar Harper dan rambutnya yang panjang hingga lantai.
Ia mematenkan produknya, yaitu Mascaro Hair Tonique.
Karena kelelahan dan stres, Harper jatuh sakit namun bisa pulih kembali berkat perawatan seorang praktisi Kristen. Dia tidak pernah melupakan pelayanan kuratif itu.
Sebelum inovasi Harper, kebanyakan wanita menata rambutnya di rumah.
Harper memupuk pelanggan yang kaya, membuka toko pertamanya di gedung megah milik tokoh penting Rochester, Daniel Powers.
Ketekunannya berbuah hingga ia dapat menyewa secara bulanan dan akses ke klien kaya.
Pelanggannya menyukai lokasinya ketika sebuah studio musik dibuka di sebelahnya.
Dia menawarkan lobinya sebagai ruang tunggu bagi wanita yang mendampingi anak-anaknya mengambil pelajaran musik di studio musik itu.
Dia menjadikan kebersihan dan layanan teladan Harper sebagai ciri khas.
Memperhatikan gangguan yang dialami pelanggan saat air cucian mengalir di leher mereka, dia merancang kursi salon yang dapat direbahkan untuk menopang kepala penghuninya di atas wastafel marmer berbentuk komplementer.
Untuk memoles pengaruhnya dan menebus kurangnya sekolah, dia mengambil kelas malam di Universitas Rochester terdekat.
Mottonya mencerminkan latar belakang pembantunya,“Setara dengan masalah apa pun yang muncul. Jangan menyerah. Jadilah masternya. ”
Harper memiliki leluhur dan panutan. Madame C.J. Walker, seorang kontemporer terkenal, lahir sebagai budak sebagai Sarah Breedlove.
Walker selama bertahun-tahun hidup lebih lama dari beberapa suami saat dia membangun lini produk perawatan rambut, dan tenaga penjualan, begitu sukses sehingga operasinya mencakup perbankan dan asuransi.
Pada tahun 1919 Walker diakui sebagai jutawan perempuan kulit hitam pertama.
Wanita lainnya mengelola bisnis mulai dari pabrik baja hingga kebun almond.
Beberapa perusahaan warisan atau kekayaan, seperti pendiri department store I. Magnin dan Lane Bryant.
Beberapa menjalankan kedai minuman, pabrik, toko topi wanita, dan urusan lain dengan suami mereka, pasangan yang bekerja bersama.
Namun, Harper, Walker, dan beberapa orang lainnya sesuai dengan kategori yang berbeda: wanita yang mendirikan, memperluas, dan mengawasi perusahaan tanpa keterlibatan dari pasangan atau kerabat laki-laki.
Pengusaha perempuan ini mungkin berdiri tegak tetapi pencapaian mereka dibayangi oleh catatan perempuan sebagai pekerja yang dibayar dan tidak dibayar dan perhatian diberikan pada kehidupan para aktivis dan penulis perempuan terkemuka.
Apa yang dilakukan Harper menjangkau lebih dari sekadar barang dan jasa.
Dia tidak hanya menciptakan lembaga komersial publik untuk wanita, tetapi juga peluang ekonomi untuk Harperites, pemilik dan operator salon wanita yang dilatih oleh pendiri untuk mendirikan salon Metode Harper mereka sendiri, mengadopsi dan meniru tekniknya, dan menjual produknya.
Tidak seperti raja kosmetik berikutnya seperti Helena Rubenstein dan Elizabeth Arden, Harper mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan, bukan sekadar kosmetik dan kecantikan.
Salonnya tidak menawarkan cat permanen atau pewarna rambut, tetapi perawatan rambut dan kulit, termasuk pijat kulit kepala, wajah, dan bahu.
Dia menawarkan jam malam, jadwal kerja yang fleksibel, dan pengasuhan anak.
Harper berkecimpung dalam bisnis melayani dan mempromosikan wanita.
Dia memberikan 100 waralaba salon pertama yang dia lisensikan kepada wanita kelas pekerja.
Model Harper berdiri terpisah dari pendahulunya: dia tidak hanya mengawasi operasi salon Metode Harper, tetapi kontraknya juga memasukkan hal-hal yang menyenangkan bagi pemegang waralaba seperti asuransi kelompok, pelatihan intensif dan berkelanjutan, buletin reguler, dan pertemuan tahunan.
Wanita pertama yang dilantik ke Kamar Dagang Rochester ini masih menjalankan bisnis waralaba di usia 80-an.
Suaminya, yang dinikahinya pada usia 63, mengambil alih bisnis setelah kematiannya pada tahun 1950.
Sayangnya, suaminya gagal mempertahankan rasa misi pribadi yang ditanamkan Harper pada pemegang waralaba. Akhirnya bisnis itu dibeli. Dan gulung tikar pada tahun 1970-an.
Dalam menjelaskan bagaimana seorang wanita dengan tinggi kurang dari 152 cm dari asal-usul biasa-biasa saja hingga mengembangkan model bisnis yang inovatis, penulis biografi Plitt menyoroti peran tempat, yaitu Rochester, sebuah kota yang booming bagi perempuan kaya dan sarang aktivisme, menyediakan basis pelanggan yang kuat.
Menurut Pitt, Harper menyatakan, “Kita membantu wanita mencapai yang terbaik dari kehidupan yang ditawarkan, yaitu ekspresi diri.”
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari