Advertorial
Intisari-Online.com - Telah lama,China mengklaim memiliki hak kepemilikan di hampir seluruh Laut China Selatan.
Sayangnya, klaim itu hanya sepihak.
Putusan arbitrase internasional 2016 mengatakan klaim Beijing tidak memiliki dasar hukum di bawah hukum internasional.
Tetapi Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei juga memiliki klaim yang tumpang tindih untuk beberapa bagiannya.
Melansir Daily Express, Minggu (27/9/2020), Kepala Transportasi DWF, Jonathan Moss, menjelaskan bahwa China tidak memiliki hak untuk mengklaim pulau-pulau di perairan tersebut sebagai miliknya.
Ketika ditanya apakah China memang memiliki hak atas perairan yang disengketakan, Moss mengatakan kepada Express.co.uk: "Tidak sesuai dengan keputusan pengadilan permanen arbitrase di Den Haag.
“Mereka mendapat penilaian dari ketentuan UNCLOS yaitu undang-undang yang diberlakukan pada Desember 1982.
"Tentunya jika Anda melihat putusan lebih dari 100 halaman, itu menunjukkan bahwa China tidak memiliki hak untuk melakukan itu."
Moss juga mencatat ada risiko nyata konflik lebih lanjut di perairan.
Dia berkata: "Saya pikir pasti ada risiko konflik habis-habisan.
"Ada banyak konflik sebelumnya, sekitar 20 tahun yang lalu ada pertempuran laut di mana tiga kapal China terlibat dengan kapal perang Angkatan Laut Filipina.
"Itu di Kepulauan Spratly.
"Jelas ada risiko insiden yang terisolasi dan seperti yang kita ketahui, serangkaian insiden yang terisolasi dapat menyebabkan konflik besar.
"Seharusnya ada di radar sebagai bahaya."
Itu terjadi ketika dua pembom B-1B Angkatan Udara AS lepas landas dari Guam dan menuju ke barat melintasi Samudra Pasifik ke Laut Cina Selatan yang diperebutkan.
Jet-jet itu berhasil melewati kapal induk USS Ronald Reagan dan armada pengawalnya, yang sedang berlatih di dekat Laut Filipina, menurut gambar yang dirilis oleh militer AS.
Operasi itu adalah bagian dari tantangan intensif pemerintahan Trump terhadap Partai Komunis China yang berkuasa dan klaim teritorialnya atas salah satu jalur air strategis terpenting di dunia.
Departemen Pertahanan AS juga beralih ke senjata pembom jarak jauh yang bersenjata lengkap untuk melawan upaya Beijing untuk mengendalikan laut di lepas pantai China.
Sejak akhir Januari, pembom B-1B dan B-52 Amerika, biasanya beroperasi berpasangan, telah menerbangkan sekitar 20 misi di jalur air utama, termasuk Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur, dan Laut Jepang, menurut laporan penerbangan dari pernyataan Angkatan Udara AS dan postingan media sosial resmi.