Intisari-Online.com - Salah satu program corporate social responsibility yang kerap dilakukan oleh perusahaan rokok dengan mensponsori acara atau konser musik.
Pengunjung, juga tentunya promotor, menikmati sokongan dana dari para produsen rokok tersebut.
Terlihat positif? Nanti dulu.
"Industri rokok membentuk ketergantungan industri musik Indonesia dengan menjadikan produknya sebagai sponsor utama berbagai even musik. Jadi tidak mengherankan apabila sponsorship yang dilakukan industri rokok saat ini dibela oleh banyak pihak seperti musisi bahkan masyarakat secara umum," papar Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi di Jakarta, Rabu (25/2/2009), seperti dilansir INTISARI dari kompas.com.
Salah satu produk yang kerap dihadirkan dalam acara-acara musik, atau acara remaja lainnya, yang disponsori oleh produsen rokok adalah rokok mentol.
Rokok jenis ini sekilas terlihat lebih ringan, bahkan dianggap lebih 'sehat' dibanding rokok biasa.
Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok mentol adalah 'perangkap setan' yang dibuat produsen rokok dengan target perokok muda, juga wanita.
Kok bisa? Simak uraiannya berikut ini.
KOMENTAR