Advertorial
Intisari-Online.com -Hong Kong tengah menjadi perhatian dunia karena suasana panas aksi unjuk rasa yang dilakukan warganya untuk menentang pemerintah.
Melansir CNN, Jumat (30/8/2019), protes dimulai pada bulan Marettapi mulai bergerak bulan Juni.
Para pemrotes mengajukan lima tuntutan, di antaranya penarikan RUU Ekstradisi yang kontroversial dan penyelidikan tentang kebrutalan polisi dalam menangani protes.
Berbagai aksi dilakukan pemrotes Hong Kong, pawai damai besar-besaran hingga pemogokan yang meluas dari berbagai industri.
Melansir Channel News Asia, Jumat (9/8/2019), para aktivis pro-demokrasi melakukan aksi duduk di bandara Hong Kong.
Mayoritas dari mereka berpakaian hitam dan duduk di aula kedatangan bandara, berteriak "Tidak ada perusuh, hanya tirani!".
Mereka juga mengangkat tulisan-tulisan dalam bahasa Cina dan Inggris untuk menentang kekerasan polisi, salah satunya bertuliskan "Selamatkan Hong Kong dari tirani dan kebrutalan polisi!".
Aksi protes yang dilakukan di bandara berlangsung damai. Awalnya para penumpang yang baru tiba tampak bingung ketika mereka mencapai aula.
Beberapa orang berhenti dan mengambil foto atau melihat selebaran yang dibagikan para demonstran.
"Kami ingin memberi tahu penumpang apa yang terjadi di Hong Kong, jadi kami menyiapkan selebaran ini untuk menunjukkan lima tuntutan utama kami," jelas Charlotte Au (16), salah satu demonstran.
Monica Yoon Hee Jung, seorang penumpang yang baru tiba dari Korea mengatakan awalnya gugup, namun ia yakin aksi demonstran itu tidak mengganggu operasi bandara.
"Ketika saya melihat rapat umum di sini, itu benar-benar damai. Mereka tidak agresif sama sekali. Saya merasa mereka berusaha menunjukkan hati mereka yang sebenarnya, sangat tulus," katanya.
Lalu bagaimana aksi massa yang berlangsung berbulan-bulan bisa menimbulkan simpati dari warga asing?
Mungkin karena para demonstran banyak menggunakan otak daripada otot, seperti menggunakan 7 taktikini, dilansir dari New Statesman.
Konsep 'be water'
Pengunjuk rasa Hong Kong mengambil inspirasi mereka dari pahlawan lokal, bintang film kung-fu Bruce Lee, yang terkenal dengan wejangannya: "Be Water" .
Para pemrotes muda Hong Kong menjauhkan diri dari strategi pendudukan yang tetap dan tidak bergerak di masa lalu, mendukung gaya protes yang sangat gesit.
Reli dapat berubah menjadi pawai; pawai dapat dimulai dari satu arah dan tiba-tiba berubah ke arah lain; fokus aksi protes tertentu hanya dapat muncul dalam perjalanan pawai itu sendiri.
Dalam protes baru-baru ini, sub-kelompok kecil pengunjuk rasa mengutus diri mereka untuk melakukan pekerjaan "kucing liar" yang ditargetkan pada gedung pemerintah.
Ketika pemerintah menyatakan gedung ditutup, para pemrotes bubar dan pindah ke target berikutnya. Seperti yang dikatakan Bruce Lee, "Air bisa mengalir, atau airnya bisa jatuh!"
Open-source protest
Gelombang protes saat ini di Hong Kong tidak memiliki pemimpin (leaderless). Ini juga merupakan hasil dari taktik organik online.
Para pengunjuk rasa menggunakan forum online seperti LIHKG - semacam Reddit versi lokal lo-fi tempat pengguna berkomentar dan memberikan suara pada posting - serta grupchat Telegram.
Fungsi polling memungkinkan peserta untuk memberikan suara pada langkah-langkah selanjutnya: haruskah para pemrotes tetap atau bubar? Pengunjuk rasa memilih di tempat, dan bertindak.
Profesor Francis Lee dari Universitas Cina Hong Kong menyebutnya protes "sumber terbuka".
Relawan dengan megafon atau walkie-talkie membantu mengumumkan dan berkoordinasi, tetapi mereka bukan "pemimpin".
Penggunaan fitur AirDrop
Demonstran menggunakan teknologi alternatif peer-to-peer, khususnya fitur "AirDrop" yang dilengkapi dengan setiap ponsel Apple (AirDrop memungkinkan pengguna iPhone untuk saling mengirim gambar tanpa koneksi ponsel).
Para pengunjuk rasa telah menggunakan AirDrop baik untuk berbagi pesan dengan peserta dalam proses protes, dan untuk menyebarkan berita di kalangan masyarakat yang lebih luas.
Bahasa isyarat
Para demonstran tahu peralatan apa saja yang mereka butuhkan di garis depan.
Untuk memastikan persediaan baru dapat mencapai garis depan dengan cepat, pengunjuk rasa Hong Kong telah mengembangkan sistem isyarat tangan yang unik, untuk mengirim pesan melalui kerumunan tentang peralatan apa yang diperlukan.
Sebuah tanda diteruskan melalui kerumunan kembali ke depot pasokan di mana barang-barang telah diangkut di dekat lokasi protes, dan barang-barang yang diminta kemudian melewati kerumunan di sepanjang rantai manusia kembali ke tempat mereka dibutuhkan.
Bahasa isyarat ini telah menjadi sangat ikonik sehingga pada unjuk rasa "rambut perak" dari para lansia Hong Kong berbaris untuk mendukung generasi muda, para penatua sedang belajar dan mempraktikkan sinyal tangan anak-anak itu dalam solidaritas.
Menetralkan gas air mata
Tim-tim kecil "pemadam kebakaran" menunggu di belakang garis depan yang dilengkapi dengan kerucut lalu lintas.
Ketika shell gas air mata mendarat di antara kerumunan, mereka berlomba masuk untuk menutupi shell dengan kerucut lalu lintas, menciptakan "cerobong asap" yang menyalurkan asap.
Anggota tim yang lain kemudian bergerak untuk menuangkan air ke kerucut untuk memadamkannya.
Baca Juga: Pendemo 22 Mei Akan Menanggung Konsekuensi Ini, Menurut Pengamat
Menghindari bentrokan
Salah satu risiko terbesar, cedera atau kematian dalam kerumunan muncul dari bahaya bentrok.
Ketika polisi menembakkan gas air mata ke kerumunan yang penuh sesak, risiko kerumunan orang yang panik, dan pembentukan penyerbuan adalah masalah.
Sadar akan risiko-risiko ini, kerumunan pengunjuk rasa meneriakkan "Satu, Dua, Satu Dua ..." secara serentak ketika mereka mundur, dan berbaris tepat waktu ke hitungan.
Hal ini memastikan pawai aksi demo tertib dan menghindari risiko mematikan.
Penggalangan dana
Aktivis Hong Kong ingin mendapatkan perhatian internasional untuk tujuan mereka, dan melihat KTT G20 yang direncanakan para pemimpin dunia akan diadakan di Osaka pada akhir Juni sebagai peluang.
Para aktivis mengeluarkan serangkaian iklan satu halaman penuh di surat kabar di seluruh dunia untuk mempublikasikan perjuangan mereka.
Mereka melakukan crowdfunding iklan dengan kampanye. Relawan menyiapkan dan membuktikan teks dalam berbagai bahasa, memesan ruang iklan dan mengirimkaniklan itu ke surat kabar di seluruh dunia.