Advertorial

Pembantaian di KM Mina Sejati: Terkenang Pembantaian Kapal Tjisalak, Saksi Kesadisan Tentara Jepang yang Habisi ABK dengan Bayonet

Ade S

Editor

75 tahun lalu, kisah pembantaian kapal juga terjadi. Puluhan orang awak kapal Tjisalak dibantai dengan cara tak manusiawi oleh tertara Jepang.
75 tahun lalu, kisah pembantaian kapal juga terjadi. Puluhan orang awak kapal Tjisalak dibantai dengan cara tak manusiawi oleh tertara Jepang.

Intisari-Online.com -Sebuah insiden berdarah terjadi berupa pembantaian di atas KM Mina Sejati, Sabtu (17/8/2019) yang dilakukan oleh tiga pelaku terhadap rekan sesama ABK yang sedang tidur.

Hingga saat ini belum dipastikan motif serta jumlah korban, sebab 23 anak buah kapal (ABK) KM Mina Sejati masih belum diketahui keberadaannya.

Lebih dari 75 tahun lalu, kisah pembantaian kapal juga pernah terjadi dengan awak kapal Tjisalak. Puluhan orang dibantai dengan cara tak manusiawi dan tanpa ampun oleh tertara Jepang.

Berikut ini kisahnya.

Baca Juga: Bengis dan Ganasnya Agen Mossad dengan Regu Pembunuhnya Setelah Pembantaian Atlet Israel di Olimpiade Munich 1972

SS Tjisalak adalah kapal angkut Belanda seberat 5.787 ton dengan akomodasi penumpang yang dibangun pada 1917 untuk Jalur Jawa-Cina-Jepang.

Kapal ini digunakan oleh Sekutu selama Perang Dunia II untuk mengangkut pasokan melintasi Samudra Hindia antara Australia dan Ceylon.

Pada 26 Maret 1944, dia ditorpedo dan ditenggelamkan oleh kapal selam Jepang I-8 saat bepergian tanpa dikawal.

Awak kapal barang itu kemudian dibantai dalam kejahatan perang angkatan laut yang terkenal.

Baca Juga: Di Balik Keindahan Pantainya, Siapa Sangka Tempat Ini Pernah Jadi ‘Tempat Pembantaian’ di Mana Orang Dirantai, Disiksa, dan Dibunuh

Tjisalak berlayar dari Melbourne dan Kolombo dengan muatan tepung dan berbagai surat.

Kapal iyu berisi 80 awak, terdiri dari pelaut pedagang Belanda, Cina dan Inggris, ditambah sepuluh penembak Angkatan Laut Kerajaan yang berjaga dengan pistol empat inci.

Selain itu, ada lima penumpang (termasuk perawat Palang Merah Amerika, Ny. Verna Gorden-Britten) dan 22 pelaut Laskar yang kembali ke India setelah kehilangan kapalnya.

Tjisalak telah bepergian selama 19 hari, ketika kaptennya menjadi bingung oleh pesan nirkabel yang tidak biasa dari Perth, dan mengubah arahnya, berlayar dengan kecepatan 10 knot untuk menghemat bahan bakar.

Pada pukul 5.45 pagi pada tanggal 26 Maret 1944, dia ditabrak oleh torpedo dari I-8.

Satu penumpang, Letnan Dawson dari Australia, tewas seketika, dan kapal mulai bergerak ke pelabuhan, lalu muncul perintah untuk meninggalkan kapal.

Sebagian besar awak kapal patuh, naik ke kapal dan liferafts kapal, tetapi penembak Inggris dan komandan senjata Belanda, perwira kedua Jan Dekker, tetap di atas kapal, menunggu kapal selam Jepang muncul dan melepaskan tembakan.

I-8 merespons dengan deckgunnya sendiri, memaksa penembak meninggalkan kapal.

Setelahdi permukaan air, 105 orang yang selamat dikumpulkan oleh Jepang, yang menempatkan mereka di dek kapal dan memerintahkan Kapten Hen ke menara penaklukan untuk berunding dengan komandan Jepang, Tatsunosuke Ariizumi.

Para korban melaporkan bahwa Hen berteriak, “Tidak, tidak, saya tidak tahu.” Pada saat itu, seorang pelaut Cina menyelinap ke air dan tertembak.

Baca Juga: Ibu Hamil dan Anak-anak Jadi Korban Pembantaian Suku di Papua Nugini, Tubuh Terpotong-potong, Rumah pun Terbakar

Jepang kemudian mengikat para penyintas berpasangan dan berjalan menuju buritan (belakang) kapal di sekitar menara komando.

Tentara Jepang lalu memukuli mereka dan menebas mereka dengan pisau dan bayonet, sebelum dibuang ke air dan dibiarkan mati.

Empat pria melompat atau jatuh dari kapal selam ketika sedang diserang dan selamat dari tembakan acak, dari tiga pelaut Jepang yang duduk di belakang menara komando.

Ini adalah Chief Officer Frits de Jong, Petugas Kedua Jan Dekker, Operator Nirkabel Kedua James Blears dan Insinyur Ketiga Cees Spuybroek. Seorang Laskar bernama Dhange juga selamat dari pembantaian itu.

Setelah Jepang membunuh semua kecuali sekitar dua puluh tahanan, mereka mengikat sisanya ke tali panjang, mendorong mereka ke laut, dan kemudian tenggelam.

Dhange, orang terakhir di tali derek, berhasil membebaskan dirinya sebelum dia tenggelam.

Para penyintas berenang beberapa mil melalui laut terbuka kembali ke lokasi tenggelam, di mana mereka menemukan liferaft yang ditinggalkan. Tiga hari kemudian merekadiselamatkan oleh kapal Liberty Amerika, SS James O. Wilder.

Setelah secara singkat menembaki mereka secara tidak sengaja, Amerika menyelamatkan para korban dan membawa mereka ke Colombo.

Sebagai pelaut pedagang, para penyintas Tjisalak tidak memenuhi syarat untuk dirawat di rumah sakit militer dan sipil Inggris, dan harus mengatur akomodasi dengan biaya sendiri.

Baca Juga: 'Tragedi Malam Pisau Panjang', saat Adolf Hitler Habisi Sahabat Karibnya Sendiri untuk Sahkan Pembantaian 'Politik'

Awak dari I-8 melakukan kekejaman yang serupa terhadap awak kapal Liberty SS Jean Nicolet, dan mungkin juga kapal lain yang darinya tidak ada yang selamat.

Kapten Ariizumi bunuh diri ketika Jepang menyerah pada Agustus 1945, tetapi tiga anggota kru ditemukan dan dituntut atas partisipasi mereka.

Dua dihukum dan menjalani hukuman penjara yang diringankan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1955.

Yang ketiga diberikan kekebalan sebagai imbalan karena bersaksi melawan mantan teman-teman kapalnya.

Baca Juga: KIsah Mengerikan Pembantaian 115 Penduduk Desa di Mali oleh Sekelompok Suku Pemburu

Artikel Terkait