Advertorial
Intisari-Online.com - Setiap kali Anda berkunjung ke bandara dan melihat banyak pesawat yang sedang menunggu giliran lepas landas, tentu semua didominasi warna putih.
Memang masing-masing maskapai memiliki corak khas sendiri-sendiri, namun hampir semua maskapai memiliki warna dasar putih.
Dilansir dari Insider, seorang pakar Aeronautics dan Astronautics, profesor R. John Hansman membeberkan alasan khusus kenapa pesawat dicat warna putih.
Faktanya, untuk mewarnai satu badan pesawat diperlukan 65 galon cat warna putih.
(Baca Juga:(Foto) Operasi Plastik Tidak Seinstan yang Dibayangkan, Wanita Ini Menderita 3 Bulan Setelah Jalani Operasi)
1. Warna putih pada badan pesawat berfungsi seperti tabir surya.
Alasan utama mengapa pesawat dicat warna putih adalah untuk memantulkan kembali sinar matahari dan meminimalkan potensi kerusakan cat akibat radiasi matahari.
Seperti misalnya warna hitam menyerap panas, maka warna putih akan memantulkannya.
Dengan warna putih, bagian dalam kabin pesawat juga terasa lebih dingin.
2. Tidak ada warna yang dihindari untuk memberi warna pada pesawat
Tidak ada pantangan warna tertentu saat memilih cat untuk pesawat terbang.
Namun, beberapa warna cenderung mudah pudar dan kusam jika lama terkena sinar matahari dan air hujan.
Cat dengan warna-warna terang seperti merah akan lebih terlihat saat teroksidasi.
Akibatnya, warna merah dalam waktu sebentar berubah menjadi merah muda seperti luntur dan tidak menarik lagi.
Akibatnya, biaya perawatan dan pengecatan ulang pesawat menjadi lebih mahal.
Warna putih lebih tidak terlihat saat kusam atau luntur.
(Baca Juga:Menyeramkan, Inilah 8 Eksperimen Paling Mematikan dalam Sejarah Umat Manusia)
3. Warna putih digunakan untuk melindungi bahan plastik atau komposit
Bagian badan pesawat yang terbuat dari bahan plastik atau komposit, misalnya karbon, kaca fiber, dan sebagainya harus dicat dengan warna terang dan sebisa mungkin transparan.
Jadi, untuk menyeragamkan warnanya, maskapai penerbangan memilih warna cerah seperti putih dan abu-abu terang.
Selain untuk alasan di atas, tentu alasan penghematan biaya menjadi dasar utama.
Pasalnya, puluhan galon dibutuhkan untuk mengecat satu badan pesawat, jika pesawat perlu perawatan lebih sering, tentu biayanya juga lebih besar.