Advertorial

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menurunkan Sandaran Tangan Saat Pesawat Akan Mendarat

Mentari DP

Editor

Ingatlah bahwa pesawat kecepatan pesawat untuk lepas landas dan mendarat ada pada 135 sampai 155 knot (atau sekitar 250 sampai 287 km/jam).
Ingatlah bahwa pesawat kecepatan pesawat untuk lepas landas dan mendarat ada pada 135 sampai 155 knot (atau sekitar 250 sampai 287 km/jam).

Intisari-Online.com – Ketika pesawat akan lepas landas atau mendarat, ada beberapa informasi yang diberitahukan oleh awak penerbangan.

Salah satunya adalah meminta setiap penumpang menurunkan sandaran tangan jika si penumpang menaikan sandaran selama penerbangan.

Nah, sebenarnya informasi ini sangat sederhana.

Tapi mengapa?

(Baca juga:Ni Nengah Widiasih: Kalau Gagal, Ya, Coba Lagi! Kalau Jatuh, Ya, Bangun Lagi!)

(Baca juga:Keren! Meski Punya Keterbatasan Fisik, Nur Ferry Berhasil Persembahkan 4 Emas Bagi Indonesia, Bahkan Memecahkan 3 Rekor)

Pesawat mendarat.

Sebastien Bouevier, yang bekerja sebagai instruktur Safety & Emergency Procedures untuk sebuah maskapai penerbangan besar, akan menjelaskannya.

Bouevier mengutip hukum pertama gerak Newton yang menyatakan ‘Benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan dalam arah yang sama kecuali ditindaklanjuti oleh gaya yang tidak seimbang’.

Artinya jika sandaran tangan berada dalam posisi berdiri atau tidak dalam posisi berada di bawah, maka ada potensi sandaran tangan tersebut bisa terlempar dengan kecepatan yang sama ketika pesawat mendadak berhenti saat mendarat.

Ingatlah bahwa pesawat kecepatan pesawat untuk lepas landas dan mendarat ada pada 135 sampai 155 knot (atau sekitar 250 sampai 287km/jam).

“Bayangkan jika sandaran tangan bisa membentur tubuh Anda dengan kekuatan seolah-olah sedang melaju dengan kecepatan lebih dari 135 knot,” tutur Bouevier kepada Quora dikutip msn.com.

Anda perlu tahu bahwa keselamatan penumpang merupakan prioritas utama awak penerbangan. Itulah alasan mereka tidak henti-hentinya mengingat kita untuk menurunkan sandaran tangan ketika lepas landas atau mendarat.

“Sederhana memang informasi yang awak penerbangan beritahu. Tapi tujuannya menyangkut keselamatan penumpang dan penerbangan,” jelas Bouevier.

Sandaran tangan dan jendela pesawat.

(Baca juga:Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval? Alasannya Bikin Merinding)

Hal yang sama berlaku untuk jendela pesawat yang harus dibuka ketika lepas landas dan mendarat.

Alasannya agar awak penerbangan bisa melihat keadaan di luar dan jika ada bahaya, mereka sudah mempersiapkan penanganannya dan jika perlu melaporkannya kepada pilot.

Selain itu, jika Anda harus melakukan pendaratan darurat di malam hari, mata Anda sudah terbiasa dengan cahaya rendah, yang berarti evakuasi Anda dari pesawat lebih aman.

Artikel Terkait