Find Us On Social Media :

Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Dengan Ini, 'Menyumbat' Jantung Bocor Tak Melulu Harus Lewat Prosedur Bedah

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 November 2018 | 15:45 WIB

Intisari-Online.com – Putri Joanna Alexandra, Ziona Eden, lahir dengan beberapa kelainan atau penyakit bawaan.

Dalam acara Hitam Putih Trans 7 edisi 12 November 2018, Joanna menyebutkan beberapa kelainan yang dimaksud antara lain kaki yang bengkok ke dalam hingga lubang kecil dijantung Zio, sapaan Ziona.

"Jadi Zio itu waktu lahir itu kelainannya ada beberapa. Jadi dia lahir ada kakinya bengkok ke dalem, atau club foot. Terus jantungnya juga ada bolong sekitar 4,5 mili," tutur Joanna seperti dilansir dari Grid.id.

Perlahan, Zio sudah mulai pulih. Kakinya yang bengkok ke dalam sudah mulai bisa kembali normal pun jantungnya yang berlubang juga mulai menutup.

Baca Juga : Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Operasi Jantung Bocor Bisa Pakai BPJS, Tapi...

Satu dari ragam umum keiainan jantung bawaan adalah jantung bocor. Sebuah teknik baru untuk mengatasi keiainan jantung bawaan itu dikembangkan di Singapura. Hasilnya, tak periu bedah besar, proses pemulihan cepat, dan biayanya lebih murah.

Berikut ini laporan Yds Agus Surono ketika berkunjung ke Singapura, seperti dimuat di Majalah Intisari edisi Desember 2004.

Lima anak yang lahir dengan lubang di dinding yang memisahkan bilik kanan dan bilik kiri jantung mereka bisa diatasi dengan sukses di sini tanpa melakukan pembedahan terbuka.

Begitu berita yang dimuat Surat Kabar The Strait Times edisi Maret 2004 menanggapi keberhasilan tim dokter RS Gleneagles, Singapura di bidang reparasi keiainan jantung.

Baca Juga : Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Hati-hati, Gejala Jantung Bocor Tak Selalu Ditandai Tubuh yang Membiru

Nilai berita itu bukan semata-mata pada keberhasilan memperbaiki jantung tanpa "membuka tubuh", tapi soal biaya yang dikeluarkan untuk mengatasi kelainan jantung bawaan itu.

Jika sebelumnya untuk mereparasi kelainan jantung yang dikenal dengan ventricular septal deject (VSD) itu memerlukan biaya di atas Sin $ 30.000, dengan teknik baru itu hanya dibutuhkan Sin $ 19.000.

Bagusnya lagi, anak tak perlu menginap empat atau lima hari seperti yang terjadi jika menggunakan teknik lama. Menggunakan teknik yang diberi nama EZ Plug cukup menginap semalam. Otomatis biaya berkurang lagi.