Find Us On Social Media :

Dengan 'Pena' Ini, Kanker Bisa Teridentifikasi Hanya Dalam Waktu 10 Detik

By Agus Surono, Kamis, 7 September 2017 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com – Ilmuwan di University of Texas, AS, sedang mengembangkan sebuah perangkat genggam yang dapat mengidentifikasi jaringan kanker dalam hitungan 10 detik!

Dengan perangkat itu mereka mengatakan bisa melakukan operasi untuk mengeluarkan tumor lebih cepat, lebih aman, dan lebih tepat.

Dalam pengujian, yang diterbitkan dalam Science Translational Medicine, menunjukkan bahwa teknologi ini memiliki tingkat keakuratan 96%.

Pena MasSpec memanfaatkan metabolisme unik dari sel kanker.

Dorongan besar mereka untuk tumbuh dan menyebar menunjukkan bahwa kimia internal mereka sangat berbeda dengan jaringan sehat.

(Baca juga: Perhatikan Gejala Ini supaya Kita Tidak Terkena Kanker Serviks Seperti yang Diderita Jupe)

Elegan dan sederhana

Pena disentuhkan pada kanker yang dicurigai dan melepaskan tetesan air kecil.

Bahan kimia di dalam sel hidup bergerak ke tetesan, yang kemudian disedot kembali oleh pena untuk dianalisis.

Pena dicolokkan ke spektrometer massa – sebuah alat yang bisa mengukur massa ribuan bahan kimia setiap detiknya. Hasilnya, sidik jari kimia yang memberitahu dokter apakah mereka melihat jaringan sehat atau kanker.

Tantangan bagi ahli bedah adalah menemukan batas antara kanker dan jaringan normal. Pada beberapa tumor sudah jelas, namun di lain pihak batas antara jaringan sehat dan yang tak sehat bisa menjadi buram.

Pena bisa membantu dokter memastikan tidak ada satu pun kanker yang tertinggal.

Mengelupaskan terlalu sedikit jaringan, dan setiap sel kanker yang tersisa akan tumbuh menjadi tumor lain. Tapi jika mengambil terlalu banyak, dan Anda bisa menyebabkan kerusakan terutama pada organ tubuh seperti otak.